Penginapan Unik Ala Rumah Kurcaci

Rhobi Shani    •    Rabu, 12 Jul 2017 13:50 WIB
wisata
Penginapan Unik Ala Rumah Kurcaci
(Foto: Rhobi Shani)

Metrotvnews.com, Jepara: Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan sensasi menginap di rumah kurcaci. Di Indonesia, tepatnya di Jepara, Jawa Tengah, ada bisa menemukannya.

Selain berukuran sangat kecil, penginapan ini tak menawarkan fasilitas apapun. Kasur dan bantalnya pun hanya terbuat dari kapuk.


Penginapan yang satu ini tergolong unik. Selain berukuran sangat kecil, penginapan ini tak menawarkan fasilitas apapun. Kasur dan bantalnya pun, hanya terbuat dari kapuk. Jika berlibur dan bermalam di Desa Kumujan Kepulauan Karimunjawa, penginapan bergaya Rumah Kurcaci ini bisa dijumpai di Pantai Bunga Jabe.

Luas kamar penginapan unik ini tidak lebih dari dua meter persegi. Bagi orang dewasa, masuk ke dalam dan di dalam penginapan ini harus menundukan kepala jika tak mau kepala beradu dengan atap.

Penginapan Rumah Kurcaci hanya beratap anyaman daun kelapa kering. Semua dinding penginapan ini dari bambu. Ketika malam tiba dinginnya angin laut akan menyusup lewat celah-celah dinding.

Meski sederhana, penginapan unik ini memikat wisatan asing dan lokal untuk bermalam. Setiap satu rumah, pengelola hanya membandrol Rp150 ribu per malam.

Femy Noviyanti, wisatawan lokal mengaku nyaman bermalam di penginapan sederhana itu. Selain letaknya yang menghadap ke pantai, keuntungan lain yang didapat, ketika membuka mata di pagi hari lalu menyibak tirai yang menjadi pintu, langsung disambut indahnya pemandangan matahari terbit.

“Bermalam di sini benar-benar menyatu dengan alam. Tempat tidurnya sederhana, hanya gelaran kasur. Tapi benar-benar penuh sensasi,” ujar Femy, Rabu 12 Juli 2017.

Menurut Femy, Pantai Bunga Jabe pun tak kalah cantik dengan pantai-pantai yang ada di Kepulauan Karimunjawa. Berpasir putih dengan kondisi laut dangkal yang landai. Sehingga dirasa cukup aman untuk bermain atau mandi laut.

“Di tepi pantai juga ada ayunan berbentuk perahu di bawah rimbunnya pohon yang terbuat dari bambu. Kalau datang bersama pasangan romantis banget. Di tengah laut juga ada ayunannya” ucap Femy.

Letak Pantai Bunga Jabe tidak jauh dari objek wisata rumah adat Bugis milik Pemerintah Kabupaten Jepara. Dari pelabuhan Karimunjawa, dibutuhkan waktu 45 menit perjalanan darat.

 


(DEV)