Gua Sunyaragi Cirebon Tak Cocok untuk Wisata Keluarga? Itu Dulu!

M Studio    •    Selasa, 21 Aug 2018 07:00 WIB
Airy Rooms
Gua Sunyaragi Cirebon Tak Cocok untuk Wisata Keluarga? Itu Dulu!
Wisatawan yang berkunjung di Gua Sunyaragi. Foto: ANT/ Aditya Pradana Putra

Cirebon: Gua Sunyaragi, tempat wisata dengan desain arsitektur unik di Cirebon yang sekaligus menyimpan misteri besar. Di sini, terdapat patung misterius bernama Patung Perawan Sunti yang kalau dipegang oleh seorang jomblo, bisa berakibat sulit memperoleh jodoh. Selain itu, konon di sini juga terdapat terowongan misterius yang terhubung secara langsung ke Mekah di Arab Saudi. 


Foto: MI/ Rommy Pujianto
 
Selama ini, para pengunjung yang datang mayoritas adalah wisatawan yang berusia dewasa. Aktivitas yang bisa dilakukan di Gua Sunyaragi juga tidak banyak. Para wisatawan kebanyakan menghabiskan waktu ke sini untuk berfoto dengan latar belakang bangunan yang terlihat unik. Setelah mendapatkan foto yang memuaskan, mereka pun segera berpindah ke destinasi lain yang jauh lebih menarik. 

Mendengar pemaparan seperti itu, tempat wisata di Cirebon ini mungkin terdengar kurang cocok kalau dipakai sebagai pilihan tempat liburan bersama keluarga. Tapi, eitss... tunggu dulu. Pemaparan tersebut mungkin cocok dengan situasi beberapa tahun lalu. Saat ini, Gua Sunyaragi telah berbenah. Pemerintah setempat pun melakukan upaya pembaharuan agar tempat ini jadi wisata yang ramah dengan anak. 

Pembaharuan yang dilakukan adalah dengan menambahan fasilitas hiburan. Dengan begitu, para pengunjung yang datang ke Gua Sunyaragi tak hanya memperoleh pengetahuan sejarah baru. Di waktu yang sama, mereka juga berkesempatan untuk mendapatkan hiburan murah. 

Lalu, apa saja wahana permainan yang bisa ditemukan di Gua Sunyaragi Cirebon? Ada empat wahana permainan yang saat ini bisa dijumpai di Gua Sunyaragi, yakni balon terbang, sepeda terbang, ayunan terbang, serta panahan. Para pengunjung yang ingin menggunakan wahana permainan tersebut harus mengeluarkan biaya tambahan selain tiket. 

Namun, tak perlu khawatir, karena biaya penggunaan wahana permainan di Gua Sunyaragi tidaklah mahal. Tiket masuk ke tempat wisata bersejarah yang telah berusia lebih dari 400 tahun ini dipatok dengan harga Rp10 ribu. Sementara itu, untuk pemakaian wahana permainan, dikenakan biaya berkisar mulai dari Rp10 ribu hingga Rp20 ribu.  

Tips Liburan Murah ke Gua Sunyaragi di Cirebon

Kalau ingin melihat secara langsung keberadaan Patung Perawan Sunti di Gua Sunyaragi, caranya cukup mudah. Apalagi, lokasi gua ini berada tak jauh dari pusat Kota Cirebon, tepatnya di Kelurahan Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon. Lokasi tersebut tak hanya memberi kemudahan terkait transportasi, tapi juga saat memilih tempat menginap yang murah. 

Ada beragam pilihan hotel murah di Cirebon yang bisa dimanfaatkan saat ingin berkunjung ke Gua Sunyaragi. Kalau ingin hotel murah yang memberi jaminan kenyamanan, bisa memilih layanan akomodasi dari Airy Rooms. Apalagi, mereka merupakan perusahaan dengan jaringan hotel murah terluas di Indonesia. 


 
Hotel yang mereka sediakan, selalu menyediakan jaminan keberadaan fasilitas pendingin AC. Selain itu, setiap kamar juga telah dilengkapi shower air hangat, TV layar datar, dan tempat tidur yang selalu terjaga bersih. Para tamu hotel juga tak perlu membawa perlengkapan mandi, karena telah disediakan pihak penginapan. Sebagai tambahan, ada pula fasilitas air minum serta WiFi gratis yang dapat dimanfaatkan sepuasnya. 

Dengan beragam keunggulan selain tarif murah yang dimilikinya itu, tak rugi kalau memilih menginap di hotel mereka, kan? Apalagi, pemesanan hotel murah yang mereka sediakan juga sangat ringkas. Cukup menggunakan aplikasi yang bisa diunduh pada perangkat Android dan iOS. Setelah memperoleh kamar, pembayaran bisa dilakukan secara langsung dengan cara transfer bank atau memakai kartu kredit.  
(ROS)