Dukung Pariwisata Danau Toba, Garuda Indonesia Buka Penerbangan Medan-Silangit

M Studio    •    Minggu, 21 Aug 2016 12:04 WIB
berita kemenpar
Dukung Pariwisata Danau Toba, Garuda Indonesia Buka Penerbangan Medan-Silangit
Danau Toba (Foto:Wikipedia)

Metrotvnews.com, Medan: Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menekankan 3A untuk membangun destinasi Dato alias Danau Toba. Tiga unsur yang tidak bisa ditunda-tunda dalam pengembangan destinasi itu adalah Atraksi, Akses dan Amenitas.

"Dato (Danau Toba) akan cepat berkembang jika Aksesnya dikebut," ucap Menteri Pariwisata RI Arief Yahya, di Balige, Toba.

Mantan Dirut PT Telkom ini berterima kasih kepada Kemen PU PR, yang sudah memperbaiki jalur dari Bandara Silangit-Balige-Parapat. Sesuai janji, pada Agustus 2016 saat Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016, sudah beres.

"Terima kasih Pak Bas (Menteri PU PR Basuki Hadimoeljono)," ucap Arief Yahya.  

Arief juga mengucapkan terima kasih kepada Garuda Indonesia. KKPDT 2016 benar-benar berdampak di segala aspek. Termasuk transportasi dan akses menuju salah satu destinasi unggulan Indonesia tersebut. Maskapai penerbangan PT Garuda Indonesia menyatakan dukungannya untuk pengembangan Bandara Silangit, Tapanuli Utara (Taput) dengan membuka rute penerbangan Medan-Silangit-Medan setiap harinya.

"Garuda Indonesia sebagai BUMN (Badan Usaha Milik Negara) sangat mendukung keberadaan Bandara Silangit untuk dikembangkan. Apalagi, sudah diprogramkan Presiden RI bahwa Danau Toba merupakan salah satu dari 10 tujuan prioritas wisata di Indonesia. Mulai 18 Agustus 2016, setiap hari, pesawat Garuda Indonesia terdapat rute Medan-Silangit-Medan. Sebelumnya sudah ada rute Jakarta-Silangit-Jakarta," ucap Vice President PT Garuda Indonesia Region Sumatera Syamsudin JS, Kamis, 18 Agustus 2016, di Bandara Silangit pada acara penerbangan perdana Garuda Indonesia rute Medan-Silangit-Medan.

Kedatangan Syamsudin JS disambut Bupati Taput diwakili Sekdakab Edward Tampubolon SE, Ketua DPRD Taput Ottoniyer MP Simanjuntak, Aisiten II Osmar Silalahi SE dan para kepala dinas. Pada kesempatan itu, kepada Syamsudin disematkan cendramata berupa Ulos Batak sebagai pertanda ucapan terima kasih masyarakat bonapasogit Tapanuli atas dibukanya rute penerbangan Garuda Indonesia Medan-Silangit-Medan setiap hari.

Menurut Syamsudin, pelanggan Garuda Indonesia wilayah Tapanuli sudah bisa langsung terbang ke Silangit dengan menghemat waktu yang cukup siginifikan.

“Momen pengembangan wisata Danau Toba sangat tepat untuk dibukanya penerbangan Garuda Indonesia ke Silangit, khususnya buat pelanggan yang selama ini sudah mencintai penerbangan Garuda. Untuk itu, kami tetap siap memberikan pelayanan prima untuk semua lapisan masyarakat,” katanya.

Kepala Bandara Silangit Hotasi Manalu mengatakan, rute baru yang dibuka penerbangan Garuda Indonesia ini merupakan pengembangan sektor perekonomian masyarakat di wilayah Tapanuli.

“Bandara Silangit akan terus berbenah sebagai bandara internasional. Pengembangan itu berkaitan dengan program pemerintah pusat terhadap wisata Danau Toba. Kami ucapkan selamat kepada penerbangan Garuda yang telah membuka rute Medan-Silangit-Medan setiap harinya,” ujar Hotasi.

Hal serupa disampaikan Ketua DPRD Taput. Dia menyambut baik kehadiran penerbangan Garuda di Bandara Silangit.Sementra, Bupati Taput dalam sambutannya yang disampaikan Sekdakab Edward Tampubolon mengatakan, Pemkab Taput tetap komitmen mendukung pengembangan Bandara Silangit sehingga para penumpang nikmat menggunakan jasa penerbangan ke bonapasogit Tapanuli.

“Jasa penerbangan merupakan alternatif pilihan paling sesuai mempercepat waktu tempuh sampai di tempat tujuan. Terobosan maskapai penerbangan Garuda Indonesia tentunya berpedoman pada prinsip itu, yang sebelumnya Garuda telah membuka Jakarta-Silangit pulang pergi tiga kali seminggu (Selasa, Jumat dan Minggu). Selain itu, juga dibuka penerbangan extra flight. Pemkab Taput sangat berbahagia atas rute baru ini yang juga turut menyosialisasikannya kepada masyarakat. Dengan beroperasinya penerbangan domestik rute Silangit-Kualanamu pulang pergi, akan memperlancar aktivitas masyarakat dari segi sosial, ekonomi, budaya dan politik,” ujar Bupati.

Dikatakan, kehadiran maskapai penerbangan Garuda ini menambah jumlah maskapai yang sudah ada dengan rute yang sama, yakni maskapai Susi Air dan Wings Air, sehingga masyarakat mempunyai alternatif pilihan.


(ROS)