Wisata Kapal Pesiar Beri Efek Positif untuk Kesehatan Mental

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 25 Jan 2018 08:07 WIB
wisata
Wisata Kapal Pesiar Beri Efek Positif untuk Kesehatan Mental
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Wisata kapal pesiar mulai mendapat perhatian saat ini. Sebuah studi menemukan bahwa wisata kapal pesiar dapat membuat seseorang bahagia dan sejahtera.

Penelitian tersebut menyebutkan bahwa wisata yang banyak menghabiskan waktu di  laut tersebut memiliki manfaat jangka pendek dan panjang.

Studi yang dipublikasi dalam International Journal of Tourism Research tersebut mengidentifikasi tiga dimensi pengalaman yaitu pengalaman emosional, hubungan, dan berpikir. Dalam jangka pendek, kebahagiaan dari wisata kapal pesiar diciptakan dari pengalaman emosional dan hubungan.

Sebaliknya, kebahagiaan jangka panjang didapat dari pengalaman berpikir.

Dalam pengalaman emosional, bersantai dan tak melakukan apapun adalah hal yang penting bagi wisatawan. Sementara, pengalaman hubungan merujuk pada interaksi sosial dengan keluarga, teman, dan wisatawan lain dalam kapal.

Pengalaman berpikir sendiri didapat dari kesempatan dimana seseorang bisa merasakan tempat dan budaya yang berbeda, termasuk melintasi cakrawala, serta kegiatan kontemplatif yang melibatkan introspeksi dan meditasi.


 


(DEV)