Festival Pesona Teluk Tomini Dimajukan ke April

Meilikhah    •    Sabtu, 25 Feb 2017 13:50 WIB
Festival Pesona Teluk Tomini Dimajukan ke April
Rangkaian FPTT terdiri dari Festival Musik Pesona Teluk Tomini, lomba foto bawah laut, lomba perahu layar tradisional, karnaval busana-busana tradisional dari berbagai wilayah di Parimo dan pesta kuliner tradisional.

Metrotvnews.com: Dua tahun terakhir Festival Pesona Teluk Tomini (FPTT) berlangsung pada bulan Oktober. Tahun ini gelaran pariwisata di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, pelaksanaannya dimajukan ke 1-9 April 2017.

"Kunjungan wisatawan mancanegara kemungkinan akan lebih banyak karena pada April wilayah Eropa sedang banyak liburan," ungkap Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Wisata Nusantara Esthy Reko Astuti.

Alasan lainnya, karena pada bulan September, banyak kegiatan nasional maupun internasional yang digelar di Pulau Jawa dan Sumatra. Sehingga kemungkinan tidak banyak tamu dari luar daerah bisa datang meramaikan dan menikmati wisata bahari Teluk Tomini.

"Tahun lalu kegiatan ini mencetak rekor Muri kuliner tradisional lalampa dengan peserta terbanyak. Tahun ini diyakini akan didatangi lebih banyak wisatawan mancanegara," sambung Esthy Reko Astuti.

Rangkaian FPTT terdiri dari Festival Musik Pesona Teluk Tomini, lomba foto bawah laut, lomba perahu layar tradisional, karnaval busana-busana tradisional dari berbagai wilayah di Parimo dan pesta kuliner tradisional. "Juga dero massal yang akan memecahkan rekor MURI," tambah Kepala Dinas Pemuda Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Parigi Moutong Hamka Lagala.
 
Hamka berharap kegiatan ini berjalan sukses sehingga bisa mendorong tumbuhnya industri pariwisata di Kabupaten Parigi Moutong yang diharapkan menjadi lokomotif baru perekonomian daerah di masa
mendatang.
(LHE)