Arungi Borneo Bersama Kalstar

M Studio    •    Senin, 07 Nov 2016 08:01 WIB
wisata
Arungi Borneo Bersama Kalstar
Kalstar Aviation pilihan tepat bagi Anda yang ingin menikmati surga di Kalimantan (Foto:Kalstarvirtual.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kalimantan memiliki sejuta pesona yang layak diamati. Dipenuhi hutan hujan tropis dan sungai-sungai besar, kawasan yang dulunya disebut Pulau Borneo menawarkan petualangan berharga dalam setiap jengkal perjalanan Anda. Sayangnya, akses jalan di pulau ini masih terbilang terbelakang dibandingkan Pulau Jawa, Sumatra, atau Sulawesi.

Dataran Kalimantan yang dipenuhi hutan hujan tropis, selain memberi panorama menakjubkan bagi mata yang memandang, wilayahnya sulit diarungi oleh transportasi darat. Mengandalkan transportasi sungai untuk menjelajah kota di Kalimantan juga bukan anjuran yang baik bagi Anda yang ingin bersenang-senang dan berwisata di Pulau Borneo ini.

Transportasi udara menjadi pilihan terbaik yang mungkin ditempuh untuk menjelajahi pulau ini. Menerbangi satu kota ke kota lain tentunya memerlukan waktu yang jauh lebih sedikit dibandingkan mengarungi sungai ataupun mengeksplorasi daratan Kalimantan yang kurang ramah.

Sayangnya, kebanyakan maskapai penerbangan hanya memiliki sedikit rute ke kota-kota yang ada di Kalimantan. Cuma kota-kota besar, seperti Balikpapan ataupun Pontianak, yang diperhatikan oleh kebanyakan maskapai komersial. Sulitnya medan ditambah nilai jual yang tidak terlalu menggiurkan membuat banyak maskapai cenderung memilih rute lain yang lebih menguntungkan.

Namun, tidak begitu dengan Kalstar Aviation. Maskapai penerbangan yang satu ini menyadari bahwa Kalimantan memiliki banyak potensi yang jika dikembangkan akan menghasilkan nilai jual tinggi. Itu sebabnya, maskapai penerbangan ini menyediakan berbagai pilihan rute menarik untuk mengarungi Sang Borneo.

Kalstar Aviation terbit dan mengudara pada tahun 2000. Berkonsentrasi ke rute-rute domestik dan lokal yang mengarah ke Pulau Kalimantan, maskapai ini menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin menikmati surga-surga daerah kecil di Kalimantan.  

Kalstar sendiri sebenarnya merupakan singkatan dari "Kalimantan Star." Akronim tersebut melambangkan harapan agar Kalstar dapat menjadi bintang dan primadona dalam penerbangan, khususnya ke daerah-daerah yang ada di Kalimantan.

Melayani segmen medium-service, Kalstar Aviation mengutamankan kenyamanan dan keselamatan setiap penumpangnya. Makanan kecil atau makanan utama hangat tersedia dalam setiap penerbangan, bergantung waktu tempuh. Maskapai yang berbasis di Serpong ini pun sangat fleksibel dalam hal booking sehigga Anda masih bisa membatalkan perjalanan hingga minimal empat hari sebelum pemberangkatan. Untuk pembatalan tersebut, Anda hanya dikenakan biaya administrasi sebesar Rp100 ribu.

Mengandalkan armada Boeing untuk jenis jet dan ATR untuk pesawat jenis propeller, Kalstar Aviation menyediakan 95 rute domestik dan 22 rute regional yang memungkinkan Anda mengarungi Pulau Borneo secara leluasa.

Berikut ini beberapa rute Kalstar Aviation yang mungkin bisa menginspirasi Anda untuk berlibur.

1. Semarang-Pangkalan Bun

Rute yang satu ini diklaim sebagai jalur penerbangan yang paling disukai oleh para pelanggan armada Kalstar. Hal itu terlihat dari jumlah keterisian pesawat yang rata-rata 90 persen.

Pangkalan Bun merupakan ibu kota Kotawaringin Barat. Kota ini terkenal dengan batu kecubungnya yang menarik hati setiap wisatawan. Tak jarang hanya untuk mencari batu kecubung yang berkualitas, turis rela berlelah-lelah menjelajahi Pangkalan Bun hingga berhari-hari.

2. Nunukan-Tanjung Selor

Nunukan adalah salah satu kabupaten yang ada di Kalimantan Utara. Kawasan ini berbatasan dengan Sabah, Malaysia. Jika kebanyakan maskapai penerbangan komersial lain harus melalui Jakarta untuk melangkah ke kota lain di Kalimantan, Kalstar Aviation menyediakan rute Nunukan-Tanjung Selor.

Tanjung Selor terkenal dengan wisata alamnya. Anda akan banyak menemui objek wisata menarik kala berkunjung ke daerah yang merupakan ibu kota dari Kabupaten Bulungan ini. Sungai Kayan yang sangat cocok untuk olahraga arung jeram dan mendaki Gunung Rian yang banyak dihiasi air terjun dapat menjadi petualangan menarik bagi Anda untuk mengisi liburan.

3. Surabaya-Sampit

Tersedia pula rute langsung Surabaya-Sampit yang disediakan oleh Kalstar. Sebagai kota yang tengah berkembang pesat, tentu banyak penduduk Surabaya yang mendambakan liburan berbeda yang tidak hanya mengandalkan modernitas semata.

Sampit adalah pilihan yang tepat untuk memulai petualangan di tanah Kalimantan. Kota Sampit terletak di tepi sungai sehingga Anda dapat berwisata kuliner dan berjalan-jalan di kota ini. Anda pun akan mendapat pengalaman mengesankan dalam melihat salah satu permukiman tertua yang ada di Kalimantan Tengah ini.


(ROS)