Tiga Tips Bikin Kopi yang Enak

Yatin Suleha    •    Senin, 23 Jul 2018 18:25 WIB
kopitips & trik
Tiga Tips Bikin Kopi yang Enak
"Banyak percobaan sampai Anda tiba di secangkir kopi yang paling Anda sukai," ujar Dale Harris, pemenang The World Barista Championship 2017. (Foto: Dok. Medcom.id/Yatin Suleha)

Jakarta: Bagi Anda pecinta kopi membuat secangkir kopi nikmat memang susah-susah gampang. Mungkin butuh beberapa kali percobaan hingga menemukan suatu rasa yang paling Anda sukai. 

"Membuat espresso adalah tantangan membuat kopi yang paling sulit bagi saya sebagai seorang barista. Kecepatan waktunya yang tidak bisa Anda abaikan (karena rasanya akan berbeda). Kualitas espresso adalah dasar dari membuat semua kopi," ucap Dale Harris saat dijumpai oleh tim Medcom.id saat pembukaan Toffin Coffee Showroom pekan lalu. 

"Untuk itu Anda butuh terus mencari atau mengeksplorasi antara kuantitas dan kualitas yang Anda hasilkan," papar Harris lagi.

Sedikit ke arah selera personal, tapi ada syarat utama untuk bikin kopi yang baik yang dibagikan oleh pemenang The World Barista Championship 2017 asal Inggris ini yang bisa Anda tiru.


(Dale Harris saat memenangkan kompetisi bergengsi yaitu The World Barista Championship 2017. Foto: Courtesy of Europeancoffeetrip.com)

(Baca juga: Creative Hub untuk Para Pecinta dan Pengusaha Kopi)

1. Gunakan kopi yang segar
Selalu gunakan kopi yang segar (baru). "Jika memungkinkan buatlah kopi setelah ia selesai dipanggang. Dan penting untuk membuat sejumlah yang Anda butuhkan saja (jangan banyak menyimpan kopi) karena rasanya bisa jadi berbeda," ujar Harris.

2. Ukuran
Gunakan ukuran yang telah ditentukan. Misalnya berapa banyak air, susu, krim, dan kopi yang dibutuhkan. "Banyak percobaan sampai Anda tiba di secangkir kopi yang paling Anda sukai. Jangan lupa mencatat semua ukuran dan waktunya."

3. Air
Air di rumah Anda bisa jadi berbeda dengan di rumah teman Anda, jadi teruslah mencari komposisi yang tepat bagi Anda. "Banyak sekali yang bicara tentang hal ini (pengaruh pengunaan air), tapi saran saya adalah teruslah mencoba dengan beberapa air (misalnya dari air kemasan atau dari rumah) agar Anda tahu rasa kopi terbaik buatan Anda."





(TIN)