Instagram Foodies yang Mulai Menarik Perhatian di Media Sosial

   •    Selasa, 06 Feb 2018 19:18 WIB
kuliner
Instagram Foodies yang Mulai Menarik Perhatian di Media Sosial
Dengan lebih dari 45 juta pengguna per Juli 2017, Indonesia memiliki jumlah pengguna Instagram tertinggi se-Asia Pasifik. (Foto: Toa Heftiba/Unsplash.com)

Jakarta: Jakarta, sudah lama dikenal karena keberagaman kulinernya. Kota metropolis ini memiliki ribuan pilihan restoran, mulai dari penjual di pinggir jalan hingga santapan fine dining mewah. Tapi tidak berhenti di situ saja, bagi para penduduk lokal yang aktif di media sosial, godaan makan dimulai saat mereka menatap smartphone. 

Di Indonesia, para pelaku bisnis mulai menyadari kesempatan emas yang ditawarkan oleh influencer marketing. Berdasarkan survei yang dilakukan pada 500 pengguna internet, eMarketer mengungkapkan bahwa 71 persen dari responden membeli sebuah produk setelah melihat iklan dari seorang influencer. 

Dengan lebih dari 45 juta pengguna per Juli 2017, Indonesia memiliki jumlah pengguna Instagram tertinggi se-Asia Pasifik. 

Sebuah pernyataan resmi dari Instagram menetapkan Jakarta sebagai salah satu kota dengan jumlah post Instagram terbanyak di dunia. Faktor-faktor inilah yang mendorong kemunculan foodie influencers di ibukota. Beberapa di antara mereka bahkan memiliki lebih dari setengah juta followers. 


(Dengan lebih dari 45 juta pengguna per Juli 2017, Indonesia memiliki jumlah pengguna Instagram tertinggi se-Asia Pasifik. Foto: Courtesy of Stylecaster.com)

Aplikasi pencarian makanan Qraved kemudian memutuskan untuk memanfaatkan tren terkini di Indonesia. Berambisi untuk memimpin inovasi di bidang gaya hidup, Qraved menawarkan platform untuk pelaku bisnis yang hendak berinteraksi dengan konsumen di seluruh Indonesia (tidak terbatas hanya pada peningkatan awareness).

Qraved menggabungkan kalkulasi algoritma media sosial dan teknologi pembelajaran mesin dengan bantuan manusia dalam bidang analisa dan kurasi. 

(Baca juga: 6 Tips dari Instagrammer Top untuk Anda yang Hobi Memotret Makanan)

Hasilnya, dengan bekerjasama bersama Qraved, sekarang brand bisa mendapatkan akses cepat ke Instagram influencers yang kemudian akan menyebarluaskan pesan mereka secara lebih jauh dan lebih luas. Para pelaku bisnis hanya perlu membayar influencers sesuai dengan penilaian performa di Instagram. 

Sejak diluncurkan pada tahun 2013, Qraved telah memiliki lebih dari 2,5 juta pengguna setiap bulan di web dan mobile. Aplikasi ini menawarkan direktori restoran yang lengkap, dengan cakupan ke lebih dari 37.000 restoran di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Bali, Medan, dan Makassar. Popularitasnya menanjak karena Qraved memiliki fitur instan untuk berbagi ke media sosial.

Setelah resmi bermitra dengan Instagram, integrasi Qraved memungkinkan para foodies lokal untuk berbagi foto, penilaian, dan ulasan tempat favorit mereka secara lebih mudah. Integrasi tahap awal ini akan menjadi batu loncatan pertama bagi inovasi-inovasi lain yang memanjakan komunitas pecinta makanan di Qraved.

Bagi para pelaku bisnis, integrasi ini menyediakan data dan akses yang lebih mudah ke key opinion leaders (KOL) di Instagram, yang dapat membantu pelaku bisnis untuk menyebarluaskan pesan pemasaran mereka. 


(Berdasarkan survei yang dilakukan pada 500 pengguna internet, eMarketer mengungkapkan bahwa 71 persen dari responden membeli sebuah produk setelah melihat iklan dari seorang influencer. Foto: Courtesy of Food24.com)

"Fitur integrasi Instagram kami dirancang agar pengalaman pencarian makanan bisa semakin menarik dan menyenangkan. Dengan jumlah pengguna yang berkembang pesat, foto dan video Instagram mereka kini terhubung dengan Qraved. Foto ini diambil dan dibagikan oleh para foodie influencers yang ada di dalam platform," ungkap Steven Kim, CEO dan pendiri Qraved.

"Qraved bertujuan untuk memperkaya pengalaman pengguna dengan memberikan rekomendasi yang terpilih dan istimewa. Kami juga ingin mempromosikan budaya kuliner Indonesia dengan mempermudah restoran untuk ditemukan oleh para pengguna yang hobi makan. Untuk mendapatkan inspirasi menu atau rekomendasi restoran, biasanya para pengguna akan beralih pada Instagrammers,” tambahnya. 

Berdasarkan data dari integrasi Instagram (dengan mempertimbangkan beberapa variabel seperti jumlah posting, jumlah pengikut, dan metrik engagement lain yang relevan), Qraved mengungkap daftar top 10 foodie influencer Instagram di Jakarta untuk tahun 2017. Di antaranya yaitu, anakjajan, eatandtreats, henjiwong, jktdelicacy, hungryfever, gagaldiett, eatineraryid, separuhakulemak, the.lucky.belly, dan eatandcapture.









(TIN)