Menyantap Saury, Ikan Asap Asal Taiwan

Sonya Michaella    •    Rabu, 21 Sep 2016 20:54 WIB
kuliner
Menyantap Saury, Ikan Asap Asal Taiwan
(Foto: Metrotvnews.com/ Sonya Michaella)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pameran Food Ingredients Asia 2016 di Jiexpo Kemayoran Jakarta memasarkan banyak bahan makanan dari luar negeri.

Salah satu yang menarik perhatian Metrotvnews.com adalah ikan saury asap asal Taiwan yang bisa langsung disantap tanpa harus dimasak.

"Ikan ini sudah diolah, jadi ketika Anda membelinya nanti di supermarket, Anda bisa langsung memakannya. Tidak perlu dimasak lagi," ujar Chun Ying Tsai, dari Specialist International Marketing Council of Agriculture Taiwan, Rabu (21/9/2016).

Tak hanya itu, ikan ini pun tak perlu dimasukkan ke dalam lemari pendigin. Orang Taiwan biasanya memakan ikan saury bersama dengan nasi atau mie, atau dengan sup kacang merah.

"Biasanya, bahan makanan yang berasal dari ikan harus dimasukkan ke dalam lemari pendingin, namun ikan produksi kita, tidak perlu," ungkapnya lagi.

Ikan saury ini juga banyak ditemukan di Jepang mengingat letak geografis yang berdekatan. Namun di negeri Sakura, dikenal dengan ikan Shama. Ikan Shama banyak ditemukan di restoran-restoran Jepang di Indonesia.

Yong Tsai menjamin bahwa produk ikan olahan ini halal dan dapat dikonsumsi di Indonesia.

"Kami sudah mempunyai sertifikat halal dan siap dipasarkan di Indonesia. Kami harap warga Indonesia suka dengan ikan olahan ini," ujarnya lagi.

Ada 12 perusahaan yang tampil di acara ini, termasuk dari sektor pertanian, perikanan, dan peternakan.

"Kami harap kami bisa memperkenalkan produk unggulan kami ke masyarakat Indonesia," pungkasnya.

 


(DEV)