Smoothie Kental Membuat Kenyang Lebih Lama

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 08 Sep 2016 10:46 WIB
kuliner
Smoothie Kental Membuat Kenyang Lebih Lama
(Foto: Health) Smoothie akan baik bila Anda memasukkan bahan yang tepat

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan bahwa semakin kental isi minuman smoothie Anda, maka semakin lama Anda akan merasa kenyang.

Para peserta dalam studi tersebut melaporkan bahwa mereka merasa lebih kenyang setelah meminum smoothie lebih kental yang mengandung serat dengan 100 kalori, dibandingkan meminum smoothie yang lebih encer dengan jumlah kalori lima kali lipat.

Peneliti lain juga mengungkapkan adanya korelasi antara adanya rasa kenyang dengan makan sedikit dan makan sedikit, seperti yang kita tahu dapat membuat tubuh tetap langsing. Namun, ahli gizi Keri Gans, RDN, pengarang The Small Change Diet, mengatakan bahwa studi tersebut hanya melibatkan 15 individu yang sehat dan muda. "Kita tak bisa memberikan kesimpulan besar bila hanya berdasarkan sedikit sampel," ujarnya.

(Baca juga: Mana Lebih Sehat, Jus atau Smoothie?)

Metode Penelitian
Para peneliti yang berasal dari Wageningen University di Belanda, meminta para patisipan untuk minum satu dari empat minuman produk susu dengan berbagai kekentalan (ada yang kental, dan ada yang encer, karena terdiri dari berbagai serat) dengan berbagai jumlah kalori (100-500 kalori). Semua minuman terdiri dari 50 peraen karbohidrat, 20 persen protein, dan 30 persen lemak.

Para partisipan berpuasa selama tiga jam sebelum meminumnya menggunakan sedotan, tanpa mengetahui jenis minuman yang diminum. Selanjutnya, perut mereka dipindai setiap sepuluh menit hingga satu setengah jam ke depan menggunakan pemindai MRI. Mereka juga diminta untuk memberitahu tingkat kekenyangan setiap 10 menit.

Minuman yang encer dengan 100 kalori, memilki kemampuan mengosongkan perut 30 menit lebih cepat, disusul dengan minuman kental dengan 100 kalori (sekitar 40 menit), dan selanjutnya minuman encer 500 kalori (sekitar 70 menit). Minuman kental dengan 500 kalori membuat perut kenyang paling lama dengan waktu 82 menit.

Kekentalan dan keenceran memiliki efek yang sedikit pada saat lambung kosong. Namun kekentalan berpengaruh pada rasa kenyang. Jadi, minuman kental dengan sedikit kalori membuat perasaan kenyang lebih lama, dibandingkan dengan minuman encer dengan banyak kalori. Ini artinya, ada hubungan antara waktu pengosongan perut dengan perasaan kenyang.

Namun, penemuan tersebut tidak menganjurkan tentang apa yang sebaiknya kita asup. "Smoothie akan baik bila Anda memasukkan bahan yang tepat," katanya. Ia menyarankan, daripada mengentalkan smoothie dengan serat seperti pisang dan alpukat, cobalah untuk menambahkan yogurt atau selai kacang yang mengandung banyak protein sehingga mengenyangkan. 





(TIN)