Lakukan Lima Hal Ini agar Rumah Tetap Aman Selama Liburan

Raka Lestari    •    Rabu, 19 Sep 2018 18:13 WIB
travel
Lakukan Lima Hal Ini agar Rumah Tetap Aman Selama Liburan
(Foto: Reader Digest)

Jakarta: Sebelum pergi berlibur, perhatian utama biasanya tertuju pada persiapan baju, alat mandi, dan akomodasi. Namun, hanya sedikit yang memperhatikan keamanan rumah yang akan ditinggalkan.

Untuk itu, Reader's Digest memberikan cara untuk tetap menjaga keamanan rumah selama Anda berlibur.

1. Membersihkan rumah

Hal itu sangat bermanfaat ketika Anda pulang dari berlibur dan hanya ingin beristirahat. Membersihkan cucian kotor, membuang makanan yang akan busuk dalam waktu dekat, mengecek saluran air dan listrik, dan membuang sampah merupakan hal-hal yang perlu dilakukan sebelum Anda pergi berlibur. 

2. Membayar seluruh tagihan 

Jika Anda tidak membayar tagihan secara online, sebaiknya pembayaran tagihan-tagihan tersebut sudah diselesaikan sebelum Anda pergi berlibur.

"Saya tidak begitu menyarankan untuk melakukan log in ke akun bank atau kartu kredit ketika menggunakan Wifi di tempat umum," ujar Patti Reddi, travel expert. 

3. Mengabari keluarga dan teman

Usahakanlah untuk tetap mengabari beberapa teman atau keluarga untuk alasan keamanan. Anda bisa meminta tolong kepada mereka untuk sesekali mengecek rumah Anda.

4. Menyimpan barang berharga di tempat aman

Ketika pergi berlibur, jangan lupa untuk menyimpan barang-barang berharga di tempat yang aman seperti brankas atau tempat tersembunyi. Atau bisa menyimpan di tempat yang menurut pencuri tidak akan ada barang-barang berharga seperti lemari pakaian dalam, atau kotak P3K. 

5. Jangan menyimpan kunci cadangan sembarangan

Jangan menyimpan kunci cadangan Anda di sembarang tempat. Simpan seluruh kunci yang Anda simpan di bawah keset, pot rumput, atau rak sepatu untuk mencegah pencuri masuk ke dalam rumah ketika Anda sedang pergi berlibur. 



(DEV)