Denmark Negara dengan Kemajuan Sosial Tertinggi

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 27 Jun 2017 14:57 WIB
internasional
Denmark Negara dengan Kemajuan Sosial Tertinggi
Kopenhagen, Denmark (Foto: Wallup.net)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah studi menyebutkan bahwa Denmark secara resmi mendapat julukan sebagai negara paling progresif di dunia, dalam bidang kemajuan sosial.

Jika Anda ingin tinggal di negara liberal yang memperhatikan hak-hak sosial, Denmark adalah pilihan yang tepat. Laporan Social Progress Index pada 2017 menunjukkan Denmark mengalami kemajuan sosial paling tinggi dibanding dengna nagara-negara lain

Dengan kekacauan politik dan Brexit, Inggris sebagai negara yang mumpuni mulai tidak diperhitungkan dalam kategori ini. Faktanya, terjadi peningkatan hingga 73 persen dalam hal pengajuan paspor Irlandia oleh orang Inggris sejak pertengahan tahun lalu. 

Kemajuan sosial diukur dari pemenuhan berbagai hak dasar warga, seperti pengobatan, tempat tinggal dan keamanan, pendidikan, hak untuk hidup, kebebasan dan toleransi.

Sebanyak 11 dari 14 negara Eropa masuk dalam kategori "kemajuan sosial yang sangat tinggi. Irlandia di posisi 11 dan Inggris menyusul di belakangnya. 

Negara lain yang masuk kategori tersebut adalah Finlandia,  Islandia, Norwegia, Swiss, Kanada, Australia, Selandia Baru, Jerman dan Austria.

Sementara itu, beberapa negara yang masuk dalam kategori di bawahnya, yaitu "kemajuan sosial yang tinggi" adalah Spanyol, Jepang, Amerika Serikat, Italia dan Polandia.

Bertolak belakang, beberapa di Afrika mendapat kategori "kemajuan sosial yang sangat rendah."  Lima negara terbawah kategori itu adalah Nigeria, Angola, Chad, Afghanistan, dan Republik Afrika Tengah.

Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata skor global meningkat dengan skala meningkat dari 63,19 di tahun 2014 menjadi 64,85 pada tahun 2017.

(ASA)