Sensasi Iga Sapi ala sTREATs yang Serasa Meleleh di Mulut

Yatin Suleha    •    Senin, 20 Nov 2017 15:46 WIB
Sensasi Iga Sapi ala sTREATs yang Serasa Meleleh di Mulut
Paduan gurih dan manis menjadi poin tambahan dalam melahap iga bakar di sTREATs, yang terletak di hotel ibis Styles Hotel Jakarta Sunter, Jakarta Utara. (Foto: Metrotvnews.com/Yatin Suleha)

Jakarta: Daging iga sapi atau rib adalah bagian daging sapi yang berasal dari daging di sekitar tulang iga atau tulang rusuk. Seni dan sejarah makanan ini konon kabarnya terbentuk saat zaman penjajahan Belanda lebih banyak orang yang membeli bagian tulang iga untuk diolah karena harga daging sapinya yang lebih mahal daripada bagian tulang iganya.

Dalam perkembangannya, iga sapi menjadi beragam masakan entah menjadi soto, iga bakar, atau iga goreng. Dalam menikmati makanan ini, sebenarnya Anda bisa saja memesannya tanpa daging alias boneless, namun di mana letak tantangannya bukan?

"Memakan iga sapi kalau tanpa tulang sebenarnya enak juga, mungkin kalau lagi terburu-buru bisa jadi pilihan. Tapi, kalau lagi santai mengapa harus membuang tulangnya? Letak unik memakannya justru di situ," ujar Dwi Yunianti, salah satu wanita karier yang hobi melahap makanan yang satu ini.


(Menyantap iga sapi dengan ukuran jumbo sempurna dengan rasa gurih dan manis di resto sTREATs, hotel ibis Styles Hotel Jakarta Sunter, Jakarta Utara. Foto: Metrotvnews.com/Yatin Suleha)

(Baca juga: Restoran dengan Menu Nusantara Segera Buka di Menteng)

Iga Bakar Berukuran Jumbo ala sTREATs

Kekuatan makanan iga sapi adalah pada dagingnya yang jika bisa diolah sampai lembut merupakan hal yang sempurna. Inilah yang terjadi di restoran sTREATs, tepatnya di dalam hotel ibis Styles Hotel Jakarta Sunter, Jakarta Utara.

Jika selama ini Anda hanya melihat iga bakar atau olahan iga dengan bentuk pipih rata, tidak begitu di sTREATs. Setelah tiba di meja makan, Anda akan melihat ukurannya yang tak biasa, bisa dibilang berukuran jumbo. "Beratnya mencapai 350 gram," ujar Chef Amsul, Sous Chef restoran sTREATs. 

Ukuran yang tidak biasa di sTREATs menjadikan sensasi kuliner Anda kali ini serasa berbeda. Selain bentuknya yang jumbo rasanya juga tak kalah lezat.

Paduan gurih dan manis menjadi poin tambahan dalam melahap makanan yang satu ini. "Kami memberikan olahan iga sapi yang lain daripada yang lain, dan dagingnya yang besar. Sebenarnya bisa untuk dimakan berdua atau bahkan lebih," ujar sang chef.

Menjajalnya dengan membelah daging yang kecoklatan tua ternyata hampir tak percaya karena terkstur dagingnya yang terpecah-pecah. Menyantapnya bisa sangat mudah, karena hampir terisi penuh daging tanpa lemak yang nyaris bisa tersuwir dengan mudahnya. 

"Dengan menikmati iga sapi kami yang berukuran besar yaitu 350 gram, hanya dibanderol dengan harga Rp200 ribuan lengkap dengan jamur dan tomat ceri," tambah Elsa Monica selaku Sales Coordinator dari ibis Styles Hotel Jakarta Sunter. "Untuk rasa jangan diragukan lagi, Anda pasti tak menyesal," tutup Elsa.








(TIN)