Mengapa Makanan Thailand Digemari Masyarakat Dunia?

Rosa Anggreati    •    Senin, 17 Oct 2016 07:16 WIB
kuliner asia
Mengapa Makanan Thailand Digemari Masyarakat Dunia?
Tom Yam (Foto:Pinterest)

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyak alasan untuk berkunjung ke Thailand. Pantai yang indah, kekayaan tradisi dan budaya, serta tentu saja, makanan! Makanan Thailand terkenal hingga seantero dunia. Tak sedikit restoran internasional yang menyajikan menu makanan Thailand. Kekayaan rasa dan aroma, membuat siapa pun yang pernah mencicipi masakan Thailand, ingin kembali menyantapnya.


Sebenarnya, makanan Thailand dipengaruhi tiga negara Asia Tenggara, yakni Myanmar, Vietnam, dan Malaysia. Makanan Thailand mengandalkan rempah-rempah untuk memberikan rasa yang khas seperti kemangi thai, jahe, cabai, daun mint, serai, pasta seperti nam pla (pasta ikan) dan kapi (terasi).


Rasa khas makanan Thailand terletak pada kombinasi dari empat rasa utama yaitu manis, asin, asam, dan pahit dengan komposisi yang tepat untuk memberikan rasa khas Thailand.


Selain itu, kuliner Thailand tak bisa dipisahkan dari penggunaan sayur dan buah. Sayuran seperti taoge, terung, brokoli, tomat, ubi jalar, dan labu umum ditemui dalam menu Thailand. Begitu juga buah-buahan seperti nanas, mangga, dan pepaya semakin menguatkan cita rasa khas Thailand. Hasilnya, makanan terasa segar dan nikmat. Itulah mengapa makanan Thailand sangat sehat dikonsumsi dan tentu saja, digemari.



Bahan membuat Tom Yam (Foto:Eatingthaifood.com)


Seperti Indonesia, kuliner Thailand pun lekat menjadikan nasi dan mi sebagai bahan makanan pokok. Pada banyak menu Thailand ditemukan ragam nasi dan mi dengan aneka gaya pengolahan. Misalnya, Pad Thai.


Pad Thai diciptakan pertama kali pada tahun 1930 oleh koki keturunan Tiongkok-Thailand. Hidangan ini dibuat dari mi atau bihun goreng dengan tambahan telur, tahu, dan udang. Bumbu yang digunakan adalah saus ikan, gula, asam, cuka, dan cabai kering. Pad Thai sering disebut sebagai makanan autentik Thailand. Dapat dengan mudah ditemui di beberapa negara dunia.


Tak cuma Pad Thai, Tom Yam pun tak kalah populer di kalangan pecinta kuliner. Begitu menyebut Tom Yam, orang otomatis akan mengingat Thailand. Sup yang kaya rempah ini dalam bahasa Inggris dikenal sebagai "sup asam Thai." Kombinasi seafood dan rasa pedas yang membuat ketagihan, menjadikan Tom Yam dengan mudah digemari orang.


Tom Yam dan beragam menu Thailand lainnya menggunakan bahan baku laut seperti ikan, udang, dan cumi-cumi. Mengolah seafood seperti kita tahu, tak bisa dibilang mudah. Terutama bagi para chef, dituntut mesti piawai menghilangkan bau amis seafood agar makanan yang dihidangkan kepada konsumen beraroma sedap dan rasanya pun lezat.



Pad Thai (Foto:Bangkok.com)


Jeruk nipis telah lama menjadi andalan untuk menangkal bau amis bahan makanan. Namun, membersihkan dan memeras jeruk nipis membutuhkan waktu dan tenaga. Sementara, para chef dituntut segera menghidangkan makanan tanpa mengurangi kualitas dan rasa yang autentik.


Untuk mengakali kebutuhan tersebut, sekarang ini para chef di berbagai penjuru dunia kerap menggunakan Knorr Lime Powder, yaitu bubuk jeruk nipis yang mudah digunakan namun kualitas rasanya tidak kalah dengan perasan jeruk nipis asli.


Tak hanya itu, Knorr juga punya produk Tom Yam Paste yang sangat tepat digunakan untuk meracik menu Tom Yam. Cita rasa yang dihasilkan sangat khas Thailand. Tom Yam Paste ini tak hanya cocok untuk mengolah menu Tom Yam, namun juga dapat dipakai pada masakan rempah lainnya.


Produk-produk Knorr sudah cukup lama membantu para chef internasional, para restaurateur, dan ahli kuliner lainnya karena varian produknya cukup membantu dalam membuat hidangan internasional yang autentik dalam waktu yang instan.


Jika Anda tertarik mengetahui lebih lanjut mengenai produk Knorr dan ingin mendapatkan sampel produk secara gratis, klik di sini!

 




(ROS)