Jernihnya Sungai Umngot di Perbatasan India-Bangladesh

Wahyu Dwi Anggoro    •    Rabu, 13 Dec 2017 17:32 WIB
wisata asia
Jernihnya Sungai Umngot di Perbatasan India-Bangladesh
Pengunjung bisa menyewa kemah untuk bersantai di sisi sungai (Foto: Wahyu Dwi Anggoro)

Shillong: Banyak orang mungkin membayangkan daerah terbelakang ketika mendengar tentang kawasan perbatasan. Perbatasan India-Bangladesh di Negara Bagian Meghalaya di wilayah India Timur Laut justru menjadi tujuan favorit bagi pencinta alam.

Kawasan perbatasan yang dimaksud terletak di Desa Shnongpdeng di bagian selatan Meghalaya. Kota ini dilalui oleh Sungai Umngot yang berair jernih.

Ketika dipandang dari kejauhan, Sungai Umngot terlihat berwarna biru kehijauan. Namun, saat diamati lebih dekat, sungai ini terlihat bening hingga dasarnya.


Desa Shnongpdeng yang dilewati Sungai Umngot terletak di perbatasan India-Bangladesh (Foto: Wahyu Dwi Anggoro)

Pengunjung bisa melakukan banyak hal selama berada di Sungai Umngot. Sungai ini sangat cocok untuk aktivitas berbasis air seperti berenang, memancing, maupun mendayung. Sungai ini juga menawarkan paket wisata alam seperti berkemah, trekking, dan panjat tebing.

Anak di bawah umur bisa bermain di pinggiran sungai dengan aman. Tetapi, mereka diminta untuk menjauhi tengah sungai yang cukup dalam. Terlebih, sungai ini memiliki arus yang kuat di beberapa tempat.


Warga lokal menyewakan perahu untuk wisatawan (Foto: Wahyu Dwi Anggoro)

Pengunjung berjumlah banyak bisa menyewa pondok kecil di sisi sungai. Pada siang hari, mereka bisa makan bersama sambil menikmati keindahan sungai. Menjelang malam, mereka bisa menyaksikan cahaya matahari tenggelam terpantul permukaan sungai.

Sebagian besar pengunjung yang mendatangi Sungai Umngot adalah muda-mudi. Namun, ada juga keluarga yang mendatangi sungai ini pada masa liburan. Sesekali, warga Bangladesh juga menyambangi sungai ini dengan menyeberangi pos perbatasan.

 


(DEV)