Resep Thai Fish Noodle

Raka Lestari    •    Selasa, 01 May 2018 14:11 WIB
resep masakan
Resep Thai Fish Noodle
Thai fish noodle ini merupakan salah satu jenis sup yang cukup terkenal dari Thailand. Berikut ini bahan dan cara membuatnya. (Foto: Courtesy of Independent.co.uk)

Jakarta: Thai fish noodle ini merupakan salah satu jenis sup yang cukup terkenal dari Thailand. Sup ini dikemas dengan rasa yang cukup strong.

Bahan dasar yang terdiri dari serai, jahe, dan cabe, menciptakan rasa panas dan asam yang nikmat dan menghangatkan, sementara santan memberikan rasa yang kaya dan sensasi gurih lezat. Berikut ini bahan dan cara membuatnya.

Bahan Saus:
2 sdm minyak kelapa
2 batang serai yang sudah dimemarkan dan cincang kasar
2 buah air jeruk nipis 
3 siung bawang putih
5 cm jahe, dikupas dan dipotong kasar
2 sdm kecap ikan 
2 sdm kari pasta merah Thailand
1 ikat tangkai ketumbar
4 sdm air 

(Baca juga: Resep Brownies Ubi)

Bahan Sup:
1 paprika merah, diiris tipis
1 cabai merah, potong dadu halus
400 ml santan
Segenggam kacang
3-4 bungkus mie telur
200 gram daging sapi, potong dadu
2 fillet ikan putih, dipotong-potong
Segenggam kecil ketumbar yang dicincang
Segenggam basil Thailand potong kasar

Cara Membuat: 
1. Campurkan semua bahan saus ke dalam blender sampai menjadi pasta halus. Masukkan panci besar ke dalam api sedang dan tambahkan campuran saus yang sudah dihaluskan, irisan paprika merah dan cabai yang dipotong dadu. Masak selama beberapa menit sampai cabai dan paprika melunak.

2. Setelah melunak, tambahkan santan dan didihkan selama 8 menit. Sementara itu, goreng kacang dalam wajan dengan api sedang sampai warnanya berubah warna, berhati-hatilah agar tidak sampai gosong lalu matikan apinya. 

3. Selanjutnya, tambahkan mie telur, daging yang dipotong dadu dan ikan ke kaldu santan dan didihkan selama tiga menit sampai mereka lembut dan matang. Sajikan dalam mangkuk dan hiasi dengan ketumbar cincang, basil Thailand, dan kacang yang sudah digoreng. 




(TIN)