Antara Kopi Hitam dan Kopi Campuran

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 17 Aug 2017 09:49 WIB
kopi
Antara Kopi Hitam dan Kopi Campuran
Jika melihat orang yang bersantai di kedai kopi, bisa dibilang lebih banyak yang memesan kopi campuran. (Foto: Kris Atomic/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Variasi kopi semakin beragam, dari kopi hitam biasa hingga dengan berbagai tambahan cairan lainnya.

Jika melihat orang yang bersantai di kedai kopi, bisa dibilang lebih banyak yang memesan kopi campuran. Mengapa demikian?



"Selama ini ada sugesti yang bilang kalau minum kopi hitam membuat tak bisa tidur, jadi lebih memilih kopi dengan campuran seperti kopi susu yang lebih ringan," demikian menurut Viki Rahardja yang merupakan CTI Battle Latte Art Asia 2016 dalam peluncuran Maxx Corner Plaza Semanggi, Rabu (16/8/2017). 

Menurut Coffee Ambassador Kementerian Pariwisata RI tersebut, kebanyakan penyuka kopi campuran adalah wanita yang ingin mengenal kopi lebih dalam.

(Baca juga: Kopi Tubruk, Cara Orang Indonesia Menikmati Kopi)

"Mereka ini belajar ngopi, jadi mulai dari yang ada campuran dulu, seperti susu," tukasnya. 

Pernah bekerja sebagai barista selama enam tahun, Viki mengungkapkan bahwa jenis kopi yang paling sering dipesan konsumen adalah latte dan cappuccino yang berbahan dasar susu, kemudian disusul dengan kopi hitam. 



"Sekarang juga mulai banyak yang memesan affogato, espresso dengan campuran es krim," tambahnya. 

Viki juga menjelaskan bahwa rasa kopi pada kopi campuran tentunya akan mengalami perubahan dimana rasa kopi yang pada dasarnya asam atau pahit akan menjadi gurih dan manis jika sudah diberi tambahan seperti susu.











(TIN)