5 Cara Cermat Pesan Tiket KAI untuk Libur Natal dan Tahun Baru

M Studio    •    Selasa, 20 Nov 2018 12:00 WIB
tips wisata
5 Cara Cermat Pesan Tiket KAI untuk Libur Natal dan Tahun Baru
Pesan tiket KAI merupakan salah satu kebutuhan yang harus disiapkan saat berencana liburan (Foto:Shutterstock)

Jakarta: Pesan tiket KAI merupakan salah satu kebutuhan yang harus disiapkan saat berencana liburan. Selain cepat habis, hal ini terkadang merepotkan bagi Anda yang tidak memiliki waktu luang. Kerepotan tersebut bahkan akan terasa semakin berat ketika ingin membeli tiket menjelang musim liburan panjang.
 
Jangan khawatir, pembelian tiket kereta kini bisa didapatkan secara cepat dan mudah asalkan Anda tahu rahasianya. Simak lima cara cermat membeli tiket KAI untuk liburan akhir tahun berikut ini.
 
Pastikan Tanggal Keberangkatan dan Kepulangan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih tanggal keberangkatan dan kepulangan. Jangan lupa siapkan pula beberapa tanggal liburan lainnya sebagai alternatif. Ini penting sebagai antisipasi jika Anda tidak kedapatan tiket sesuai tanggal yang diinginkan saat puncak periode liburan.
 
Siapkan Rute Alternatif

Siapkan pula rute alternatif untuk memperlancar rencana liburan Anda. Meski sepele, menentukan rute alternatif bisa membantu Anda jika rute awal tidak tersedia. Dengan begitu, Anda tetap memiliki peluang untuk tetap kebagian tiket.
 
Booking dari Sekarang

Agar kesempatan mendapatkan tiket KAI semakin besar, belilah dari sekarang. Hal ini dilakukan untuk menghindari risiko kehabisan tiket akibat tingginya permintaan menjelang liburan panjang. Kalau pun masih kebagian tiket, terkadang harga atau sisa kursi yang dibutuhkan tidak sesuai dengan rencana liburan Anda.
 
Andalkan Beberapa Online Travel Agent Terpercaya

Saat ini, kemudahan untuk memesan tiket KAI bisa didapatkan secara online. Namun, faktanya masih banyak orang yang hanya mengandalkan satu situs saja sebagai tempat pembelian. Cara ini salah, sebab menjelang high season ada jutaan pengunjung mengakses situs yang sama secara bersamaan, sehingga menyebabkan antrean pembelian dan berujung pada kegagalan mendapatkan tiket. 
 
Dari semua cara pemesanan tiket, online travel agent (OTA) terpercaya bisa menjadi alternatif terbaik demi kesuksesan mendapatkan tiket KAI. Salah satunya adalah Traveloka yang bisa Anda akses melalui situs web maupun aplikasi. Keuntungan ditawarkan OTA ini adalah kemudahan memesan tiket dalam satu tempat, mulai dari proses pemesanan yang jauh lebih cepat, rute yang lengkap, hingga harga terjangkau. Selain itu, Traveloka juga menawarkan berbagai fitur yang memudahkan pengguna melakukan pembelian tiket.
 
Segera Bayar Tiket yang Sudah Dipesan

Setelah berhasil memesan tiket, pastikan untuk segera melakukan pembayaran dalam jangka waktu 1 jam. Jika berhasil, maka kode booking tiket KAI akan segera dikirimkan melalui email. Jika Anda membayar lebih dari tenggat waktu yang diberikan, maka pemesanan akan otomatis dibatalkan. Jadi, segeralah membayar tiket sesuai waktu yang ditetapkan agar tidak menyesal.
 
Bagaimana, mudah bukan cara pesan tiket KAI? Setidaknya berbekal lima cara cermat di atas, sekarang Anda tak perlu khawatir akan kehabisan tiket lagi. Yuk, segera coba langsung tips tersebut untuk perjalanan liburan akhir tahun Anda!


(ROS)