Tips dan Trik Cara Menikmati Sampanye

Raka Lestari    •    Senin, 05 Mar 2018 16:54 WIB
tips & trik
Tips dan Trik Cara Menikmati Sampanye
Hervé Deschamps, seseorang yang telah memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun bekerja di wilayah Champagne di Prancis memberikan tips dan trik cara memperlakukan sebotol sampanye. (Foto: Davids Kokainis/Unsplash.com)

Jakarta: Cara menikmati sampanye memerlukan trik khusus karena sampanye adalah jenis minuman yang berbeda dari minuman-minuman lainnya. Banyak informasi yang bisa Anda dapatkan mengenai cara menikmati sampanye dengan baik dan benar. 

Hervé Deschamps, seseorang yang telah memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun bekerja di wilayah Champagne di Prancis memberikan tips dan trik cara memperlakukan sebotol sampanye.

1. Membuka botol 
Menurut Deschamps, cara terbaik yang dilakukan ketika membuka gabus penutup botol adalah membukanya secara pelan-pelan dan perlahan. Selain itu, ketika menuangkan isi botol juga harus dilakukan dengan hati-hati. 

Hal ini karena jika Anda tidak menuangkannya dengan tidak benar, maka hal itu dapat menghilangkan rasa bergelembung yang menjadi ciri khasnya. "Anda harus memiringkan gelas dengan sudut 45 derajat dan tuangkan dengan hati-hati," katanya. 

(Baca juga: Bir Pletok Bakal Jadi Welcome Drink di Setiap Hotel di Jakarta)


(Hervé Deschamps, seseorang yang telah memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun bekerja di wilayah Champagne di Prancis memberikan tips dan trik cara memperlakukan sebotol sampanye. Foto: Nik MacMillan/Unsplash.com)

2. Gelas
Menurut Deschamps, gelas terbaik yang sebaiknya digunakan adalah gelas yang terbuat dari kaca dan memiliki gagang untuk memegangnya. "Cara yang tepat untuk menahan gelas Anda adalah dengan menggunakan gagangnya sehingga Anda tidak mempengaruhi suhu minuman," katanya.

3. Pendinginan dan penyajian 
Ketika menyajikan sampanye, cara yang terbaik adalah dengan menyajikannya secara dingin tapi satu hal yang perlu diperhatikan adalah harus didinginkan secara perlahan dan tidak terlalu lama. 

"Paling tidak, sampanye apa pun harus didinginkan selama tiga jam, tapi tidak lebih dari satu hari untuk mendapatkan rasa yang terbaik," kata Deschamps.  Secara teknis, suhu pendinginannya harus berada diantara 10-12 ° C. 

4. Setelah sampanye dibuka
Deschamps menyarankan untuk menjaga sampanye pada suhu yang tepat saat Anda masih meminumnya. Jika Anda berencana untuk meminumnya secara perlahan-lahan, Deschamps menyarankan untuk menggunakan alat untuk tetap membuat gelembung-gelembung pada sampanye tidak menghilang. 

"Setelah satu jam sebaiknya Anda menggunakan 'bouchon stoppeur' untuk menutup kembali botolnya sehingga tidak kehilangan gelembung-gelembungnya," katanya.









(TIN)