Jenis Bawang Ini Tak Membuat Pedih di Mata

Raka Lestari    •    Senin, 25 Dec 2017 14:03 WIB
tips memasak
Jenis Bawang Ini Tak Membuat Pedih di Mata
Menurut siaran pers dari Golden Sun Marketing, bawang pertama yang tidak pedih di mata ini merupakan produk dari penelitian dan pengembangan selama tiga dekade. (Foto: Pixabay.com)

Jakarta: Menyiapkan makanan bagi keluarga tercinta seharusnya menjadi saat-saat yang paling menyenangkan. Namun akan berbeda halnya saat Anda sedang memotong bawang untuk menyiapkan sebuah hidangan.

Zat-zat pada bagian dalam bawang yang ikut terpotong menyebabkan rasa pedih di mata dan tentunya hal tersebut cukup mengganggu. 

Namun sekarang, Anda tidak perlu khawatir akan rasa pedih yang ditimbulkan saat mengiris bawang. Dikutip dari Refinery29.com, kini ditemukan jenis bawang baru yang tidak menyebabkan rasa pedih di mata. Jenis bawang varietas terbaru tersebut bernama Sunion. 

Sunion sebenarnya pertama kali diperkenalkan pada bulan Oktober lalu di acara Produce Marketing Association's Fresh Summit di New Orleans. Menurut siaran pers dari Golden Sun Marketing, bawang pertama yang tidak pedih di mata ini merupakan produk dari penelitian dan pengembangan selama tiga dekade. 



(Menurut siaran pers dari Golden Sun Marketing, bawang pertama yang tidak pedih di mata ini merupakan produk dari penelitian dan pengembangan selama tiga dekade. Foto: Iheartsunions.com)


(Baca juga: Tips Kupas Bawang Putih dengan Cepat)

Sunion adalah bawang manis berumur panjang yang berarti umbinya membutuhkan sekitar 15 jam sinar matahari untuk tumbuh dan mereka tumbuh di Amerika Serikat. 

Yang membedakan Sunion dari bawang-bawang lainnya adalah senyawa volatilnya. Pada bawang kebanyakan, tingkat senyawa volatil meningkat selama masa penyimpanan, dan tingkat senyawa volatil yang tinggi itulah yang menyebabkan bawang biasa lebih pedih di mata. 

Rasa pedih itulah yang menyebabkan air mata Anda keluar saat memotongnya. Tingkat senyawa volatil di Sunion justru sebaliknya. Tingkat senyawa volatilnya lebih ringan, lebih manis, dan tidak menyebabkan air mata saat memotongnya. 









(TIN)