Generasi Milenial dan Perayaan Kebebasan

   •    Kamis, 18 Jan 2018 16:58 WIB
liburan
Generasi Milenial dan Perayaan Kebebasan
Ilustrasi. (Metrotvnews.com)

Jakarta: Banyak pihak menyebut generasi milenial yang saat ini berusia di kisaran 20-30 tahun lebih memilih membelanjakan sebagian penghasilannya untuk pergi berlibur ketimbang membeli properti.

Psikolog Roslina Verauli mengatakan alasan di balik gaya hidup tersebut adalah generasi milenial tengah berada pada masa perayaan kebebasan. Momen ketika individu sudah sedikit lepas dari orang tua dan tengah menjalani profesi sebagai pekerja.

"Mereka punya uang sendiri punya pekerjaan sehingga ada perayaan kebebasan yang benar-benar bebas. Itu yang mereka lakukan," katanya, dalam Newsline, Kamis 18 Januari 2018.

Tak hanya tren gaya hidup, generasi milenial juga mengalami pergeseran pekerjaan. Roslina mencatat dalam satu dekade belakangan, tren pekerja berubah dari pegawai tetap menuju pekerja lepas.

Area yang dipilih pun tak lagi mengharuskan pegawai bekerja di dalam gedung atau kantor namun bisa lebih fleksibel karena berstatus sebagai pekerja lepas. Perusahaan pelayanan jasa lebih diminati ketimbang lainnya.

Kemunduran juga tak hanya seputar pekerjaan dan tren gaya hidup, usia pernikahan pun ikut mengalami pergeseran. Roslina mengamati secara psikologis tren usia menikah mundur dan banyak generasi milenial juga yang lebih lama melepaskan diri dari orang tua.

"Jadi masih kuliah S1, S2, S3, sampai usia 30-an masih sendiri dan punya uang sendiri tetapi masih tinggal dengan orang tua. Jadi ada perayaan kebebasan, uangnya ada dan punya tapi enggak totally independent, jadi tetap bisa kemana-mana," jelasnya.




(MEL)