Tips Praktis MembuatCheesecake

Sri Yanti Nainggolan    •    Senin, 26 Mar 2018 14:53 WIB
tips memasak
Tips Praktis MembuatCheesecake
Agar proses pemanggangan cheesecake tidak gosong pada bagian bawah, cara mudahnya adalah dengan memberi tambahan baki sebelum memanggang agar tidak terlalu dekat dengan api kompor. (Foto: Erol Ahmed/Unsplash.com)

Jakarta: Cheesecake adalah salah satu kue favorit banyak orang. Bahkan, tak sedikit yang mencoba untuk membuat sendiri kue yang didominasi dengan rasa keju tersebut.

Namun, tak jarang rasa yang dihasilkan tak sesuai dengan selera. Bisa jadi, hal itu dikarenakan adanya kesalahan dalam proses pembuatan kue tersebut. 

"Kesalahan biasanya pada proses pencampuran, pengadukan yang tak merata antara krim keju, gula, dan whipped cream," ujar Executive Chef di Almond Tree Cakes & Pastries, Ibnu Pratama.

Ia menerangkan, proses pencampuran dimulai dari pengadukan krim keju dan gula hingga berbentuk lembut. Kemudian, masukkan whipped cream ke dalam adonan tersebut dan disusul dengan telur sebagai bahan terakhir.

"Jika campuran krim keju dan gula tidak lembut, itu artinya belum teraduk rata. Hasilnya nanti jadi terasa terlalu keju atau justru hambar," jelasnya.


(Agar proses pemanggangan cheesecake tidak gosong pada bagian bawah, caranya dengan memberi tambahan baki sebelum memanggang agar tidak terlalu dekat dengan api kompor. Foto: Alexandra Gorn/Unsplash.com)

(Baca juga: Keju Feta, Keju Paling Sehat Dibandingkan Jenis Keju Lainnya)

Chef Ibnu juga memberikan tips agar proses pemanggangan cheesecake tidak gosong pada bagian bawah, yaitu dengan memberi tambahan baki sebelum memanggang agar tidak terlalu dekat dengan api kompor.

"Jadi isi baki dengan air, kemudian beri ring atau lingkaran, baru kemudian letakkan baki yang berisi adonan kue," sarannya.

Bagian bawah kue yang gosong memang harus dihindari karena hal tersebut akan membuat kue menjadi kering dan rasa keju terasa tak enak. Padahal, tekstur cheesecake yang ideal adalah lembap atau basah.

Cheesecake adalah salah satu kue favorit banyak orang. Bahkan, tak sedikit yang mencoba untuk membuat sendiri kue yang didominasi dengan rasa keju tersebut.

Namun, tak jarang rasa yang dihasilkan tak sesuai dengan selera. Bisa jadi, hal itu dikarenakan adanya kesalahan dalam proses pembuatan kue tersebut.








(TIN)