Top Destinasi untuk Menghabiskan Malam Tahun Baru

Yatin Suleha    •    Jumat, 29 Dec 2017 13:26 WIB
perayaan tahun baru
Top Destinasi untuk Menghabiskan Malam Tahun Baru
Banyak cara untuk merayakan malam tahun baru. Akan ke manakah Anda malam tahun baru? Berikut Top destinasi di dunia. (Foto: Courtesy of Ponderation.net/Pinterest)

Jakarta: Banyak cara untuk merayakan malam tahun baru. Menutup malam terakhir dari sebuah tahun bisa jadi merupakan pengalaman yang sangat indah bagi Anda, pasangan, atau bersama dengan keluarga tercinta. Ke mana saja tempat top destinasi terbaik yang bisa Anda jadi rekomendasi? Berikut ini daftarnya.


(Tradisi bola jatuh saat malam tahun baru di Times Square, New York, Amerika. Foto: Courtesy of Newsday.com)

1. New York, Amerika Serikat
Tradisi merayakan bola besar yang dijatuhkan di Times Square merupakan sesuatu yang dinantikan oleh banyak orang setiap perayaan tahun baru. Ratusan ribu orang akan berkumpul di tempat yang terkenal ini. Selain mempunyai kisah unik, bola yang dijatuhkan ini akhirnya menjadi tradisi setiap malam tahun baru di New York.

Tak hanya itu, deretan artis terkenal dunia juga mengisi panggung megah yang bisa Anda nikmati bersama-sama. Namun, jika Anda tak ingin berdesak-desakan dengan ribuan orang tersebut, ada cara lain yang bisa Anda lakukan yaitu menikmati pemandangan Times Square dari ketinggian gedung di sekitarnya. Tentu saja Anda harus membooking tempatnya terlebih dahulu baik restoran ataupun hotel untuk dapat menikmati pemandangan indah di malam tahun baru.


(Perayaan malam tahun baru di Menara Eiffel. Foto: Courtesy of YouTube)

2. Paris, Prancis
Siapa yang tak tahu Menara Eiffel? Lokasi yang romantis ini juga akan dipadati ribuan orang setiap malam tahun barunya. Melihat Menara Eiffel yang terang benderang dengan kembang api bersebelahan dengan street party di jalan Champs-Élysées, sebuah festival yang meriah. Selain itu di dekat the Arc de Triomphe ada restoran gastronomik yang menyajikan animasi dengan permainan biola dan para penari Asia yang ditutup dengan berdansa sepanjang malam.

(Baca juga: Alasan Ada Tradisi Bola Jatuh di Times Square Setiap Tahun Baru)


(Perayaan malam tahun baru di Kuta, Bali. Foto: Dok. Eggy Sayoga)

3. Bali, Indonesia
Pulau Bali, menjadi salah satu pulau di Indonesia yang destinasi wisatanya mendunia. Pulau yang dikenal dengan sebutan Pulau Dewata ini selain menyajikan keindahan alam baik di pantai, di gunung, di area pedesaan yang alami, maupun di berbagai tempat lainnya selalu menjadi tujuan perayaan tahun baru.

Beberapa tempat highlight di Bali yang bisa Anda kunjungi adalah pantai Kuta, Ubud, Jimbaran, Seminyak yang terdapat beberapa klub, Sanur dengan festival musik dan tari, atau Bedugul melihat Kebun Raya Eka Karya, Danau Beratan, atau ke Pura Ulun Danu yang menjadi maskot paling terkenal di Bedugul, Bali.


(Burj Khalifa, satu-satunya gedung tertinggi di dunia ini selalu menjadi lukisan indah kembang api yang termegah, dan salah satu yang termahal di dunia saat perayaan malam tahun baru. Foto: Courtesy of India.com)

4. Dubai, Uni Emirat Arab
Dubai adalah satu dari tujuh emirat dan kota terpadat di Uni Emirat Arab. Terletak di sepanjang pantai selatan Teluk Persia di Jazirah Arab. Kota ini terkenal dengan jajaran entertainment kelas dunia yang selalu memecahkan rekor. Sebut saja Burj Khalifa, satu-satunya gedung tertinggi di dunia ini selalu menjadi lukisan indah kembang api yang tertinggi, termegah, dan salah satu yang termahal di dunia saat perayaan malam tahun baru. 

Eva Megawati Ancarani yang telah menetap selama beberapa tahun di Dubai mengatakan bahwa lima mil dari area Burj Khalifa jalanan akan ditutup. Restoran dan hotel-hotel di sekitaran Burj Khalifa pun sudah fully booked sejak beberapa bulan sebelum malam tahun baru. "Banyak orang tak keberatan booking resto dan hotel dari jauh hari untuk dapat melihat keindahan kembang api dari seputaran area Burj Khalifa," ucap wanita yang ramah ini.

Senada dengan Eva, Mohammad Rahmatollah yang telah bekerja 17 tahun menjadi tour guide di Dubai juga mengatakan bahwa Dubai selain bisa memecahkan rekor kembang api termegah dan terindah juga sambung menyambung dengan icon kota terkenal di Dubai lainnya. Sekuen 10 menit kembang api indah akan bersambung dari Burj Khalifa, 5 menit kemudian di Burj Al Arab (satu-satunya hotel bintang tujuh di dunia), dan 5 menit di Atlatis.

"Mereka bisa memperpanjang durasinya jika mereka mau. Dan dari pantai maupun dari 7 jalur jalanan yang terdapat di sekitarnya mereka bisa melihat kembang api yang indah ini. Saat perayaan malam tahun baru bisa ada sekitar dua juta yang berkumpul untuk menyaksikan pesona kembang api ini," ucap Rahmatollah


(Kembang api di Sydney Harbour juga menjadi salah satu kembang api terindah di dunia. Foto: Courtesy of Sydney.com.au)

5. Sydney, Australia
Hanya butuh kurang dari 5 jam dari Indonesia menuju Australia, Anda bisa menikmati malam tahun baru di Sydney Harbour. Kembang api di Sydney Harbour juga menjadi salah satu kembang api terindah di dunia. Namun tak terbatas hanya di Sydney Harbour saja, tempat lain misalnya Pert kini telah mengubah citra dirinya dari kota pelajar serius menjadi pusat gaya hidup dan petualangan. 

Salah satu perubahan yang paling mencolok adalah lanskap seni yang berkembang pesat di Perth. Tempat-tempat yang Instagrammable ini tersebar di 80 jalan, bangunan dan tembok di seluruh kota Perth. Selain seni, pantai adalah destinasi utama kota ini. Contohnya, pantai Scarborough, yang sedang dalam proses renovasi senilai AUD 100 juta ini, akan memberikan pengunjung pengalaman yang berbeda dengan kolam pantai, kafe, restoran, kios, taman skateboard, dan instalasi seni di ruang publik.

Jadi, sudah memutuskan akan ke mana Anda merayakan malam tahun baru nanti? Jangan lupa untuk selalu membawa berbagai perlengkapan agar malam tahun baru Anda bisa maksimal.










(TIN)