8 Tips Traveling untuk Bumil

Nia Deviyana    •    Selasa, 04 Apr 2017 12:09 WIB
tips bepergian
8 Tips <i>Traveling</i>  untuk Bumil
(Foto: USA Today)

Metrotvnews.com, Jakarta: Hamil bukan berarti tak bisa traveling. Hanya saja, Anda harus lebih banyak membuat perencanaan. Sedikitnya ada delapan tips yang bisa menjadi pedoman para bumil agar Anda dan janin tetap dalam keadaan sehat sepulang dari traveling.

1. Duduk di pinggir

Dalam keadaan hamil, Anda akan pergi ke toilet lebih sering dari biasanya. Memilih kursi pesawat atau kereta di sebelah pinggir akan memudahkan Anda. Jika naik pesawat, para ahli menyarankan untuk memakai sabuk pengaman di perut bagian bawah, tepatnya di dekat kandung kemih.

2. Jangan duduk terlalu lama

Jika Anda melakukan perjalanan panjang, keluarlah dari kursi untuk berjalan-jalan selama beberapa menit setiap 2 jam sekali. Hal ini penting agar peredaran darah tetap lancar. Jika Anda melakukan perjalanan dengan mobil, duduk di atas bantal akan membuat perjalanan lebih nyaman.

3. Tetap terhidrasi

Air lebih cepat menguap melalui kulit saat sedang hamil, membuat bumil lebih rentan dehidrasi. Kondisi tersebut cukup berbahaya dan berpengaruh terhadap air ketuban dan aliran darah ke bayi. Untuk menghindari dehidrasi, pastikan kebutuhan air terpenuhi dengan baik.

4. Pilih hotel yang dekat dengan Rumah Sakit

Mengantisipasi lebih baik dari pada menanggulangi. Dalam konteks ini, memilih hotel yang dekat dengan rumah sakit sangat dianjurkan.

5. Perhatikan kebersihan

Di pesawat dan kereta api, Anda akan berbaur dengan banyak pelancong dari berbagai negara. Lakukan yang terbaik untuk menghindari kontaminasi kuman, seperti rajin mencuci tangan, dan vaksinasi sebelum berangkat bepergian. Untuk vaksin flu, dokter menganjurkan dilakukan 2 minggu sebelum bepergian.

6. Berkonsultasi dengan dokter, terutama pada kehamilan trimester ketiga

Biasanya dokter akan memeriksa apakah Anda berisiko untuk melahirkan prematur. Jika kondisi sehat , jangan lupa meminta obat untuk diare dan mual yang harus dibawa selama bepergian. Namun jika kondisi tak memungkinkan, jangan memaksa untuk tetap bepergian.

7. Jangan berjemur

Gunakan payung ketika cuaca sedang panas, begitu juga saat Anda ke pantai. Beberapa dokter menyarankan, jangan berada di bawah paparan sinar matahari langsung lebih dari 20 menit untuk menghindari melasma. (USA Today)


(DEV)