Kesalahan Terbesar dalam Membaca Resep Makanan

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 19 Apr 2017 06:00 WIB
tips memasak
Kesalahan Terbesar dalam Membaca Resep Makanan
Brown memberi tips sederhana agar makanan bisa jadi seperti yang diharapkan, yaitu menandai bagian penting. (Foto: Emaze)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tak sedikit orang yang senang mencoba masakan baru dengan cara melihat ke resep makanan. Namun, tak sedikit juga yang ternyata gagal membuat makanan. Mengapa demikian?

Seorang presenter televisi sekaligus chef selebriti Alton Brown mengungkapkan bahwa kesalahan terbesar saat membaca resep adalah seringkali kita tidak benar-benar memerhatikan informasi yang diberikan dan terburu-buru memulai. 



"Menurut perhitungan saya, 30 persen dari makanan yang disajikan berdasarkan resep yang tertulis salah karena orang-orang yang memasaknya tidak benar-benar membaca resep," tulisnya dalam blog pribadi. 

(Baca juga: Menikmati Masakan dari Chef Terbaik di Melbourne)

Ia menambahkan, saat memasak, orang hanya melirik dan membaca dengan teliti, membeli bahan yang tertera, namun tidak benar-benar menyimak informasi yang dibutuhkan. 

Brown memberi tips sederhana agar makanan bisa jadi seperti yang diharapkan; menandai bagian penting. Coreti bagian penting dalam resep seperti persiapan bumbu, peralatan khusus, pengaturan panas, dan sebagainya. 

Dengan demikian, Anda tak perlu terus-terusan memindai resep saat memasak, yang justru terkadang mengacaukan masakan. 



Dalam blog pribadinya, Brown juga menyebutkan hal pertama yang perlu dilakukan saat akan memasak adalah duduk dan membaca resep secara keseluruhan dan membaca ulang bila perlu dimana Anda bisa menandai beberapa bagian yang dianggap penting. 

Selain itu, patuhi langkah-langkah dengan teratur, tanpa meloncatinya. Untuk setiap proses memasak yang membutuhkan suhu, pastikan Anda mengecek beberapa kali agar tidak terjadi kesalahan saat masakan sudah matang.







(TIN)