Tips Membuat Lumpia Udang Vietnam

Sri Yanti Nainggolan    •    Senin, 16 Apr 2018 11:22 WIB
tips memasak
Tips Membuat Lumpia Udang Vietnam
Bagi Anda yang tertarik mencoba membuat sendiri, Celebrity Chef Nik Michael Imran memberikan resep mudah memasak lumpia udang ala Vietnam. (Foto: Dok. Medcom.id/Sri Yanti Nainggolan)

Jakarta: Masakan Vietnam terkenal dengan cita rasa yang menggugah selera dengan rasa yang menyegarkan. Bagi Anda yang tertarik mencoba membuat sendiri, Celebrity Chef Nik Michael Imran memberikan resep mudah memasak lumpia udang ala Vietnam.

Chef asal Malaysia tersebut mengatakan ada beberapa tahapan. Pertama, siapkan saus sebagai pendamping lumpia. Bahan yang digunakan antara lain potongan bawang putih goreng, saus ikan, bubuk paprika, dan sari buah untuk memberi rasa segar.

Penggunaan bahan-bahan tersebut bertujuan untuk menyesuaikan cita rasa masakan Vietnam yang identik dengan asin, asam, manis, dan tak hanya sekedar pedas.

"Saat menumis bawang putih, pastikan warnanya hanya sampai kuning muda, karena kalau gosong itu berarti sudah tak bisa dipakai, sudah pahit," tambahnya Chef Nik.

Beralih ke lumpia, Chef Nik menyarankan agar merebus udang setengah matang dengan suhu api 55-58 derajat Celcius.

"Jadi bagian luar kecoklatan, tetapi bagian dalam lembut."

(Baca juga: Memasak, Cara Ersa Mayori Jalin Kedekatan dengan Anak)

Untuk membuat lapisan kulit lumpia yang cenderung tipis dan bening, chef  Nik megungkapkan bahwa merendam terlalu lama akan membuat kulit menjadi tak bisa diolah. Ia menyarankan untuk hanya membolak-balik sebentar saat memasak sehingga tidak mudah hancur.

Selanjutnya, masukkan berbagai bahan makanan seperti acar yang terdiri dari timun dan wortel, bihun, selada, daun mint, dan tak ketinggalan udang yang telah dimasak.

"Untuk acar yang terdiri dari timun dan wortel, rendam dengan cuka dan garam minimal 20 menit sebelum dibalut kulit lumpia. Untuk hasil maksimal, rendam semalaman."

Namun, tak semua isi dimasukkan berbarengan. Pertama, masukkan bahan-bahan sayuran, acar, dan bihun kemudian gulung. Setelah itu, baru gulung udang di dalamnya.

Jika sudah digulung dengan ketat, Anda bisa menikmati sensasi rasa segar dari saus dan empuknya daging udang dalam lumpia yang tergolong menu utama tersebut.







(TIN)