Peringkat Indeks Turisme Indonesia Kembali Naik

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 22 Apr 2017 14:56 WIB
wisata
Peringkat Indeks Turisme Indonesia Kembali Naik
Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya

Metrotvnews.com, Jakarta: Indonesia semakin bergerak maju dalam bidang pariwisata dunia. Setelah naik 20 peringkat dari 2013 menjadi rangking 50 pada tahun 2015, kembali indeks daya saing Indonesia melesat naik 8 peringkat ke peringkat 42 pada tahun 2017.

Data tersebut didapat dari Travel and Tourism Competitiveness Index (TTCI) 2017, yang dikeluarkan secara resmi oleh World Economic Forum (WEF) pada 6 April 2017 lalu.

Semenatara itu, Malaysia turun 2 peringkat di posisi 26, sama seperti Singapura, dan Thailand naik 1 peringkat di posisi 34.

"Kita memproyeksikan pada tahun 2019 nanti naik 12 level di posisi 30 besar dunia. Itu artinya, dari 141 negara yang dikalibrasi oleh TTCI WEF, Indonesia ditargetkan menerobos ke nomor 30 dunia," ujar Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dalam sebuah rilis yang diterima Metrotvnews.com.

Menurutnya, jika angka itu tercapai, maka pariwisata Indonesia akan betul-betul diperhitungkan di level dunia dan bisa menjadi destinasi penting dunia dan pariwisata menjadi industri strategis yang merupakan tulang punggung ekonomi nasional.

Saat ini, 10 besar dipegang oleh Spanyol, Prancis, Jerman, Jepang, Inggris, Amerika Serikat, Australia, Italia, Kanada, dan Swiss.
 
Untuk membuat Indonesia semakin dilirik kancah internasional, Arief Yahya mengungkapkan bahwa ada tiga sektor yang bisa digenjot, yaitu industri kreatif, budaya, dan sektor pariwisata.

"Mengingat strategisnya sektor ini, maka naiknya peringkat TTCI memiliki makna yang sangat penting, tak hanya untuk sektor ini, tapi juga untuk perekonomian Indonesia secara keseluruhan," tambahnya.

 


(ELG)