Jelajah Melbourne

Gereja Anglican Gosford Lindungi Umat Muslim di Australia dari Hujatan

Hilman Haris    •    Selasa, 04 Oct 2016 17:43 WIB
wisata australia
Gereja Anglican Gosford Lindungi Umat Muslim di Australia dari Hujatan
Halaman Gereja Anglican Gosford (Foto: Facebook Anglikan Gosford)

Metrotvnews.com, Melbourne: Kota Melbourne, Australia menonjol dalam hal solidaritas antarumat beragama. Di sini, Anda akan menemukan ratusan tempat ibadah untuk berbagai agama dan keyakinan. Keberadaan Kuil, Masjid, Gereja, dan Sinagoga yang berdiri di wilayah yang sangat dekat makin memperlihatkan harmonisasi di Kota Melbourne.

Toh, Kota berpenduduk 4,5 juta orang itu butuh waktu yang tidak sebentar untuk mendapatkan citra seperti itu.  Melbourne mampu bangkit dari era kegelapan usai dikucilkan akibat aksi rasialis, anti-Imigran, dan anti-Islam yang dilakukan Partai Pertama Australia (Australia First Party). Anggota parlemen, Pauline Hanson, memperkeruh suasana setelah secara terbuka menentang keberadaan imigran asal Asia.

Kini, cara berpikir orang-orang di Melbourne sudah tidak sekolot itu. Justru, Kota Melbourne bisa menjadi contoh paling konkret soal harmonisasi antarumat beragama.

Bukti nyata terlihat dari sikap yang diperlihatkan oleh salah satu Gereja di Melbourne, Anglican Gosford. Mereka tak segan menyuarakan dukungan kepada umat Islam tiap kali penganut agama tersebut mendapat hujatan. 

(Baca juga: Kisah Imigran Afghanistan di Australia Pasca Serangan 11 September 2001)

Sikap Gereja yang dipimpin oleh Rod Dower itu akhirnya diapresiasi oleh sejumlah komunitas muslim di Kota Melbourne. Tak terkecuali asosiasi Islam Council of Victoria (ICV).


(Pemimpin Gereja Anglican Gosford, Rod Bower - Foto: MTVN/Hilman)

“Rod Dower sudah dianggap sebagai pahlawan. Ia dan Gereja Anglican Gosford selalu berusaha melindungi umat muslim di Negara ini. Kami respek kepada mereka. Rod Dower sudah berusaha keras mengubah pandangan para penganut agama lain tentang umat Islam,” ujar Nail Aykan selaku Direktur Eksekutif Islam Council of Victoria (ICV) kepada Metrotvnews.com beberapa waktu lalu. 



Perlahan tapi pasti, usaha Rod Dower beserta Gereja Anglican Gosford mulai berbuah hasil maksimal. Pasalnya, sejumlah pemangku kebijakan di Australia mulai berusaha menanamkan pentingnya kerukunan antar umat beragam kepada generasi penerus. 

(Liputan ini adalah kerja sama antara Metrotvnews.com dengan ABC International)


(HIL)

Video /