Laporan dari Jepang

Mengenal Alam di Desa Wisata Hakuba

Sonya Michaella    •    Sabtu, 28 Jan 2017 10:02 WIB
wisata asia
Mengenal Alam di Desa Wisata Hakuba
Ski menjadi andalan wisata di wilayah Hakuba (Foto: Sonya Michaella/Metrotvnews.com).

Metrotvnews.com, Kitaazumi: Berkunjung ke Jepang tak melulu soal Tokyo, Harajuku atau Shibuya. Anda bisa mencoba untuk lebih mengenal alam dengan mengunjungi Desa Hakuba di Prefektur Nagano, Jepang.
 
Hakuba biasa disebut desa wisata. Pasalnya, selama empat musim di Jepang, daerah ini selalu dipadati oleh wisatawan, terutama saat musim dingin seperti sekarang.
 
Metrotvnews.com mendapat kesempatan untuk tinggal selama tiga hari di Hakuba dengan suhu udara mencapai minus 17 derajat Celcius. Agar berbeda dari Tokyo atau kota-kota lainnya di Jepang, karena suhu terendah di Tokyo hanya mencapai tiga atau dua derajat Celcius.
 
Dengan memiliki penduduk sekitar 9.000 orang, Hakuba terletak 705 meter dari permukaan laut. Dari Tokyo, Anda bisa menempuh perjalanan ke Hakuba selama tiga jam dengan menggunakan kereta cepat Shinkansen dan melanjutkan perjalanan dengan bus.
 
Jika Anda ingin menikmati pemandangan selama perjalanan, Anda bisa menggunakan bus dengan waktu tempuh sekitar empat jam.
 
"Musim terbaik datang ke Hakuba adalah saat musim dingin, karena bisa bermain ski dan snowboarding," ujar Wakil Kepala Desa Hakuba, Humitoshi Oota, Kamis (26/1/2017).
 
Jika musim dingin Anda bisa bermain ski dan snowboarding, maka saat musim semi Anda bisa melihat bunga mekar dan juga menikmati minum teh ala Jepang.
 
"Musim panas adalah saatnya memanjat gunung dan MTB. Sementara saat musim gugur, Anda bisa memanen beras dan juga memakan mi soba," lanjutnya.
 
Total jumlah wisatawan sampai 2015 terhitung 100.310 orang dan makin bertambah hingga akhir 2016. Dikatakan, paling banyak wisatawan datang dari Australia, Singapura, Malaysia, Taiwan dan Hong Kong.
 
Pariwisata pun menjadi mata pencaharian utama warga Hakuba. Maka dari itu, tak heran di sini terdapat banyak sekali penginapan dan tempat pemandian air panas.
 
Tak hanya itu, Hakuba pun menyediakan supermarket dan tempat perbelanjaan, terutama jika Anda ingin membeli oleh-oleh.
 
"Industri utama warga Hakuba adalah pariwisata. Ada yang mengelola penginapan, pemandian air panas, alat-alat mendaki gunung atau bermain ski, restoran dan lain-lain," pungkasnya.



(FJR)