Wisatawan Indonesia Jadikan Foto di Media Sosial sebagai Rujukan Sebelum Berlibur

Elang Riki Yanuar    •    Selasa, 14 Nov 2017 20:10 WIB
wisata
Wisatawan Indonesia Jadikan Foto di Media Sosial sebagai Rujukan Sebelum Berlibur
Jumpa pers Wisawatan Digital 2017 (Foto: dok. travelport)

Metrotvnews.com, Jakarta: Platform travel niaga Travelport merilis hasil survei terhadap wisatawan global, termasuk di Indonesia terkait penggunaan alat digital saat merencanakan, memesan, dan melakukan perjalanan. Hasilnya, wisatawan asal Indonesia berada di peringkat ketiga dalam kategori wisatawan digital.

Dalam hasil survei yang dipaparkan pada Selasa, 11 November 2017 itu menunjukkan bagaimana pentingnya perencanaan sebelum memutuskan bagi wisatawan Indonesia. 93 persen wisatawan Indonesia menggunakan video dan foto dari media sosial. Jumlah ini bahkan mengalahkan jumlah rata-rata di Asia Pasifik.

"Berdasarkan penggunaan berbagai perangkat yang terhubung secara online; teknologi mobile dan digital, diperoleh temuan bahwa pelancong dari Indonesia menduduki peringkat tiga besar dalam kategori wisatawan digital atau digital traveler," tulis siaran pers yang diterima Metrotvnews.

"Wisatawan Indonesia menyukai kegiatan penelitian untuk membuat rencana perjalanan. 93% menggunakan video dan foto dari media sosial (rata-rata Asia Pasifik adalah 76%). 71% menggunakan pencarian suara atau voice search (kedua setelah China di 72%). 84% masih lebih memilih untuk berkonsultasi dengan agen perjalan profesional," urainya.

Survei dilakukan 11.000 responden di seluruh dunia yang tahun lalu setidaknya telah melakukan minimal satu kali perjalanan pulang pergi menggunakan moda transportasi udara. Survei tersebut mengungkapkan bahwa wisatawan Indonesia sangat menyukai dan menghargai pengalaman digital yang baik, yang disediakan oleh maskapai penerbangan.

"Saat memesan perjalanan, 68% pelancong (di Indonesia) memesan perjalanan mereka melalui smartphone (tertinggi di seluruh dunia). 43% merasa frustasi karena harus memesan elemen-elemen perjalanan secara terpisah," jelasnya.

Peringkat Indonesia bahkan di atas Amerika, Inggris, Italia, Spanyol. India dan China ada di tempat teratas Wisawatan Digital 2017.

"Temuan ini menunjukkan pentingnya alat digital bagi wisatawan sepanjang perjalanan mereka. Kami mengidentifikasi, adanya kebutuhan bagi industri perjalanan dan perhotelan global senilai USD7,6 triliun ini, untuk beradaptasi secara terus menerus untuk memberikan layanan yang responsif, relevan dan tepat waktu bagi pelanggan," kata Mark Meehan, Managing Director Asia Pacific Travelport.

Berikut peringkat Wisawatan Digital 2017:

1. India    
2. Cina    
3. Indonesia    
4. Brazil    
5. Arab Saudi    
6. Meksiko    
7. Afrika Selatan    
8. Uni Emirat Arab    
9. Kolombia    
10. Italia    
11. Amerika Serikat    
12. Spanyol    
13. Perancis    
14. Rusia    
15. Kanada    
16. Australia    
17. Inggris    
18. Jepang    
19. Jerman   


(ELG)