Jawaban Mengapa Roda Koper Bermasalah Saat Ditarik dengan Terburu-buru

Sri Yanti Nainggolan    •    Minggu, 25 Jun 2017 11:58 WIB
Jawaban Mengapa Roda Koper Bermasalah Saat Ditarik dengan Terburu-buru
Ilustrasi (Foto: TheHealthSite.com)

Metrotvnews.com: Saat dalam keadaan terburu-buru, tak jarang kita merasa ada yang aneh dengan roda koper yang sedang dibawa, seperti terasa goyang atau terbalik karena tak seimbang. Hal itu disebut sindrom koper goyang. 

Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

"Kecenderungan koper roda dua bergoyang dari satu roda ke roda lainnya disebabkan oleh ketidakstabilan mekanis yang memang seperti itu," tukas salah satu peneliti Sylvain Courrech du Pont dari Laboratorium Material dan Sistem Kompleks di Universitas Paris-Diderot.

Ia menambahkan, masalah itu dikarenakan adanya interaksi gerak rotasi dan translasi. Koper pada dasarnya dirancang untuk bergerak dalam garis lurus, namun sering diarahkan ke samping. 

Gerakan rotasi sendiri terjadi ketika sebuah obyek, seperti sebuah atau dua roda, terus berputas di sekitar sumbu, baik saat berhenti atau kecepatan bertambah. 

Roda tersebut membatasi koper untuk berjalan lurus ke sumbu roda yang berputar sehingga menjadi tak seimbang. Untuk mengatasi hal tersebut, ada dua pilihan yaitu berhenti sejenak dan kembali menariknya. 

(ASA)