Kereta Kencana, Bukti Penguasa Sumenep Seorang Cendekiawan

Rahmatullah    •    Rabu, 07 Jun 2017 07:00 WIB
wisata sejarah
Kereta Kencana, Bukti Penguasa Sumenep Seorang Cendekiawan
(Foto: Rahmatullah)

Metrotvnews.com, Sumenep: Sultan Abdurrahman merupakan penguasa Sumenep ke 32.  Ia berkuasa pada tahun 1811–1854. Selain sebagai penguasa, konon dia dikenal sebagai sosok cendekiawan. Dia menguasai tujuh bahasa, termasuk Inggris dan Portugal.

Di Museum Keraton Sumenep terdapat kereta kencana. Barang ini merupakan hadiah dari Raffles, penguasa Hindia dari Inggris. Kereta tersebut diberikan karena Sultan Abdurrahman menerjemahkan Bahasa Sansekerta ke Bahasa Inggris.
 
“Sultan Abdurrahman tidak punya gelas S1 dan S2. Tapi dia bisa menerjemahkan Bahasa Sansekerta ke Bahasa Inggris, sehingga Raffles memberikan hadiah berbentuk kereta,” terang pemandu wisata Museum Keraton Sumenep, Mohammad Saleh, Selasa 9 Juni 2017.
 
Selain dikenal menguasai berbagai bahasa, kata Saleh, Sultan Abdurrahman juga dikenal sebagai penulis. Sebanyak 55 naskah karyanya kini masih tersimpan rapi di museum tersebut. Naskah tersebut terbuat dari lontar dan serat kayu. Di antara karya tangan Sultan Abdurrahman adalah mushaf Alquran yang ditempatkan berbeda dari naskah-naskah lain.
 
Selama masa pemerintahannya, Sultan Abdurrahman konon dikenal sangat getol menyiarkan Islam, sehingga banyak warga berduyun-duyun masuk Islam yang sebelumnya masih beragama lain. Salah satu bentuk kepeduliannya pada Islam adalah mushaf Alquran tulisan tangan itu.
 
Keraton Sumenep sendiri dibangun tahun 1762, pada masa pemerintahan Panembahan Sumolo. Arsiteknya bernama Lauw Piango.
 
“Arsitek pembangunan keraton Sumenep adalah keturunan Cina," tutup Saleh.

 


(DEV)