Sagu Dapat Digunakan sebagai Bahan Baku Beras Sehat

Dwi Ayu Rochani    •    Kamis, 08 Sep 2016 14:13 WIB
kuliner
Sagu Dapat Digunakan sebagai Bahan Baku Beras Sehat
(Foto: Metrotvnews.com/ Dwi Ayu Rochani)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sagu identik dengan makanan pokok penduduk Indonesia bagian Timur. Nyatanya lebih dari itu, sagu ternyata bisa dikreasikan menjadi aneka makanan yang lezat.

Sebagai contoh untuk membuat kue, kulit risoles, mie instant, kerupuk, hingga beras sehat.

Bagaimana caranya?

"Untuk beras sehat, sagu diolah dengan jagung, adonan kemudian dimasukkan ke dalam rice cooker. Masaknya memang agak lama, tapi sehat karena proses pelepasan gulanya berlangsung perlahan," kata Laurent Suryadarma, Head of Sales & Marketing PT.ANJ Agri Papua di Hotel Ritz Carlton, Jakarta Selatan, Rabu (7/8/2016).

Proses Pembuatan Sagu

Di Indonesia bagian timur, sagu yang menjadi makanan pokok diolah dari pohonnya. Pertama, pohon sagu ditebang, kemudian dipotong-potong (tiap potongan sepanjang 1 meter).


"Potongan tersebut kemudian diangkut ke pabrik. Tual (batang) sagu kemudian dikupas, dan dimasukkan ke dalam mesin sampai hancur dan terpisah dengan ampasnya.

Setelah itu, sagu dikeringkan dalam dua tahap. Tahap pertama, untuk mengurangi kadar air. Tahap kedua, agar sagu benar-benar mengering.

"Setelah itu sagu dipacking, dan siap dijual ke distributor. Untuk ketahanan sagu, Laurent memperkirakan minimal 1 tahun waktu kedaluwarsanya," tambah Laurent.

Di Indonesia, ada beberapa daerah penghasil sagu selain Papua, yakni Riau. Dikatakan Laurent, sagu Papua dan sagu Riau berbeda.

"Kalau di Papua, sagu tumbuh secara alami. Kalau di Riau pakai bibit," kata Laurent.


(DEV)