Cegah Jet Lag, Lakukan Ini Sebelum Bepergian ke Tempat dengan Zona Waktu Berbeda

Raka Lestari    •    Rabu, 19 Sep 2018 15:02 WIB
tips bepergian
Cegah Jet Lag, Lakukan Ini Sebelum Bepergian ke Tempat dengan Zona Waktu Berbeda
(Foto: Travelerstars)

Jakarta: Jet lag mungkin menjadi gangguan yang tak asing dialami para traveler atau mereka yang kerap bepergian untuk urusan bisnis. Jet lag terjadi ketika Anda berada di zona waktu yang berbeda pada hari yang sama. Gejala jet lag biasanya ditandai dengan pusing atau lemas. 

"Jet lag dapat merusak liburan dan bisa membuat Anda melakukan sesuatu tidak dalam performa terbaik," ujar Charmane Eastman, profesor di Fakultas Ilmu Sosial dan direktur pendiri Biological Rhythms Research Laboratory di Rush University Medical Center, Chicago. 

Jet lag terjadi ketika sel-sel otak yang mengatur ritme sirkadian kita tidak sesuai dengan zona waktu dimana kita berada, kata Jamie Zeitzer, asisten profesor di Stanford University's Center for Sleep Sciences and Medicine seperti dilansir dari Time. 

"Cara terbaik untuk mengatasi jet lag adalah mendapatkan pencahayaan yang tepat, untuk menyetel kembali jam sirkadian internal Anda ke zona waktu baru," kata Zeitzer. 

"Secara umum, Anda sebaiknya mendapatkan paparan sinar matahari pagi dan menghindari matahari sore ketika traveling ke daerah timur, dan melakukan secara kebalikannya ketika traveling ke daerah barat." 

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan secara bertahap menggeser jam sirkadian Anda ke zona waktu di tempat tujuan Anda beberapa hari sebelum berangkat agar tubuh Anda terbiasa, ujar Eastman. 

Jika Anda terbang dari Dallas ke London, misalnya, Anda akan menghadapi perbedaan waktu enam jam. Untuk mengatasi jet lag, Eastman menyarankan secara bertahap menggeser tubuh Anda ke waktu London saat Anda masih di Dallas. 

Lihat video:





(DEV)