Mencicipi Gurihnya Nasi Kuning Banjar

Pelangi Karismakristi    •    Sabtu, 14 Feb 2015 10:09 WIB
kuliner
Mencicipi Gurihnya Nasi Kuning Banjar
Nasi kuning khas Banjar dengan bumbu merahnya. Foto: Pelangi Kristianti

Metrotvnews.com, Banjarmasin: Nasi kuning di Pulau Jawa adalah hidangan khusus karena hanya dihidangkan pada acara-acara tertentu. Namun, tidak demikian di Kalimantan. Nasi kuning adalah menu sarapan khas warga. Setiap hari nasi kuning dapat kita nikmati.

Oleh karena itu, warung nasi kuning dengan mudah dapat ditemukan di sana. Salah satunya, Warung Mama Depi di Tapin, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Warung milik Ibu Resna Erliyanti ini menjadi tujuan wajib wisata kuliner di Tapin.

Ada banyak pilihan lauk untuk melengkapi gurihnya nasi kuning Banjar. Ada ikan goreng, telur rebus dan ayam panggang dipadu dengan serundeng, bumbu merah juga bawang goreng.

"Dulu lauk khas kami adalah daging bebek dan daging dendeng menjangan (rusa). Tapi sekarang susah didapat, ya tidak kami sediakan lagi," ujar Resna.

Nah, saran Metrotvnews.com, pilihlah akhir pekan jika ke sana. Pasalnya, ada lauk istimewa setiap akhir pekan. "Ada telur ikan dimasak kuning," tambah wanita berusia 40 tahun ini.

Resna memulai usahanya pada 2007 silam. Mulanya dia hanya pedagang kaki lima yang berjualan dengan atap tenda. Tapi kegurihan nasi kuning olahannya membuat pelanggan terus bertambah. Pada akhirnya, modalnya cukup untuk membangun sebuah bangunan permanen sebagai warung.

Karena hanya melayani sarapan, jam operasional warungnya hanya pagi hari, pukul 06.00-11.00 WIB. Namun, dalam waktu sesingkat itu,seratusan pelanggan dilayani Resna.

"Nasi kuningnya enak dan yang bikin enak lagi bumbu merahnya ini," ujar Wulan, salah seorang pelanggan Warung Mama Depi.

Cukup Rp15 ribu, Anda sudah bisa menyantap seporsi nasi kuning lengkap dengan lauk dan juga teh hangatnnya. Nah, penasaran? Awas! Jangan sampai kehabisan ya.


(BOB)