kaleidoskop 2017

Daftar Makanan yang Ngetren Sepanjang Tahun 2017

Raka Lestari    •    Jumat, 22 Dec 2017 09:00 WIB
kaleidoskop 2017
Daftar Makanan yang Ngetren Sepanjang Tahun 2017
Menurut Chef Max, tahun 2017 adalah the start of the golden age of vegetables. (Foto: Rustic Vegan/Unsplash.com)

Jakarta: Tahun 2017 akan segera berakhir. Salah satunya adalah makanan-makanan sehat yang sudah mulai digemari oleh masyarakat Indonesia. Hal tersebut ditandai dengan banyaknya makanan-makanan yang berbasis vegan yang mulai menjadi primadona masyarakat Indonesia. 

Max Mandias, co-founder dan executive chef dari Burgreens menyebutkan apa saja daftar makanan yang menjadi tren di tahun 2017 ini:

1. Vegan and plant-based cooking 
"Vegan and plant based cooking merupakan fastest growing food movement in the world, naik 350 persen dari tahun 2007," ujar Chef Max kepada Medcom.id. Ia juga mengatakan, "Dengan banyaknya restoran ternama yang mulai menyediakan vegan options untuk tamu-tamunyanya, sangat mudah untuk saya mengatakan kalau tahun 2017 adalah the start of the golden age of vegetables."

2. Susu berbasis nabati 
Susu berbasis nabati adalah susu yang berasal dari kacang-kacangan, seperti soy, almond, cashew, nut-milk. 

3. Low-carb high animal fat diet (keto, atkins, paleo)
"Pola makan yang cukup menjadi trendi ini dipercaya kalau kita harus stop makan karbohidrat dan menggantinya jadi protein hewani. Tapi ini sebenarnya jauh dari sehat. Dan karena banyaknya para peneliti yang meneliti efek jangka panjang dari diet ini sangat berbahaya, maka saya percaya pola makan ini tidak akan bertahan lama," ujar Chef Max. 

(Baca juga: Serba Ungu, Tren Makanan di Tahun 2017)


(Susu berbasis nabati adalah susu yang berasal dari kacang-kacangan, seperti soy, almond, cashew, nut-milk juga menjadi banyak pilihan di sepanjang tahun 2017. Foto: Pixabay.com)

4. Realistic plant-source meat replacement
Realistic plant-source meat replacement ini mengganti daging yang digunakan dengan bahan-bahan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. "Atau nama beken di Amerika yaitu clean meat (beyond meat, impossible burger, dan lain-lain)," ujar Chef Max. 

5. Probiotics food for gut health 
Probiotics food for gut health adalah makanan dan minuman yang melewati proses fermentasi terlebih dahulu dalam pembuatannya, contohnya adalah kombucha tea, kefir, dan kimchi. 

6. Gluten-free snacks and baking
Makanan-makanan yang gluten free atau tidak mengandung gluten juga menjadi salah satu makanan yang cukup digemari di tahun 2017. 

7. Hybrid food (Fusion)
Perpaduan bahan yang belum pernah ada sebelumnya seperti salted egg, presentasi yg memadukan barat dan timur seperti croissant sushi, asian tortilla, dan lain-lain akan tetap menjadi daya tarik yang kuat di tahun mendatang menurut Chef Max. 

8. Bahan-bahan lokal 
Bahan-bahan lokal seperti nangka muda, jamur, daun kelor juga cukup naik daun di tahun ini menurut Chef Max. "Daun kelor (moringa) juga menjadi bintang "superfood" di US dan Eropa," tambahnya. 









(TIN)