Tips Memasak Kue Cokelat

Sri Yanti Nainggolan    •    Senin, 12 Mar 2018 13:04 WIB
tips memasak
Tips Memasak Kue Cokelat
Chef Ibnu, Executive Chef dari Almond Tree Cakes & Pastries mengatakan saat memasak cokelat sebaiknya tak menggunakan suhu yang terlalu tinggi agar rasa lebih maksimal. (Foto: Edgar Castrejon/Unsplash.com)

Jakarta: Bagi Anda yang senang memasak kue, tentunya tak selalu berhasil. Apakah kesalahan paling umum dalam pembuatan kue?

"Untuk kue cokelat, kebanyakan salah pada bagian mixing (pencampuran adonan) dan memasak," jawab Chef Ibnu Pratama selaku Executive Chef di Almond Tree Cakes & Pastries.

Jika dalam pencampuran tidak tepat, dimana biasanya berlebihan atau disebut juga over mix, maka tekstur kue akan menjadi kasar sehingga terlihat pecah-pecah.


(Chef Ibnu, Executive Chef dari Almond Tree Cakes & Pastries mengatakan saat memasak cokelat sebaiknya tak menggunakan suhu yang terlalu tinggi agar rasa lebih maksimal. Foto: Brooke Lark/Unsplash.com)

(Baca juga: Tips Membuat Kue Bagi Pemula)

Sementara, pemasakan yang terlalu lama sehingga menimbulkan overcook akan menyebabkan cokelat menjadi bau tak sedap.

Selain itu, chef Ibnu juga memperingatkan agar saat memasak cokelat tidak menggunakan suhu yang terlalu tinggi agar rasa lebih maksimal.

"Cara memanaskan cokelat batangan adalah dengan cara steam, jadi meletakkan cokelat dalam mangkok baskom yang sedang direbus air," tukasnya. 








(TIN)