Tai-meshi, Nasi Ikan asal Jepang yang Menggugah Selera

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 24 Feb 2018 14:56 WIB
kuliner asia
Tai-meshi, Nasi Ikan asal Jepang yang Menggugah Selera
Tai-meshi (Foto: Medcom/Yanti)

Jakarta: Berbicara soal kuliner ikan Jepang, sushi dan sashimi adalah dua makanan yang langsung terlintas dalam pikiran. Namun, tahukah Anda bahwa ada menu ikan lain yang tak kalah enak, yaitu Tai-meshi atau nasi ikan Tai?

Tai-meshi adalah nasi ikan yang dimasak dengan menggunakan kaldu ikan Tai. Cara memasak makanan berat ini tak sulit.

Pertama, masukkan beras yang sudah bersih dan kaldu ikan Tai dengan perbandingan ukuran satu banding satu ke dalam pot keramik yang biasa digunakan untuk memasak. Kukus masakan tersebut hingga matang sekitar 30 menit dengan api besar.

Pot keramik memiliki dinding yang tebal sehingga menahan panas lebih lama.

Kaldu ikan Tai sendiri terbuat dari rendaman potongan kepala dan tulang belulang ikan yang sebelumnya dibakar yang dicampur dengan soyu dan garam.

Jika tulang belulang direndam untuk dijadikan kaldu, maka daging ikan yang dibakar nantinya akan digunakan dalam Tai-meshi dalam bentuk cincangan.

"Ikan dibakar supaya menghilangkan rasa amis dan aroma ikan keluar," terang Hori Ikuo selaku Chef Kedutaan Besar Jepang di Indonesia dalam acara Pengenalan Kuliner Jepang ke-2, Jumat 23 Februari 2018.

Kembali ke Tai-meshi, setelah nasi matang, masukkan cincangan ikan Tai ke dalam pot sambil diaduk. Masaklah selama 12 menit dalam keadaan api sedang.

Kemudian, masukkan potongan irisan daging ikan Tai mentah yang cukup tebal di bagian atas nasi. Irisan daging tersebut sebelumnya telah ditaburi garam dan didiamkan selama 30 menit.

Memasukkan irisan daging tersebut harus dengan cepat selama uap masakan masih ada. Diamkan selama 20 menit untuk mematangkan daging dengan uap.

Setelah matang, daging akan berwarna putih. Aduk secara merata sebelum disajikan. Saat mencicipinya, rasa nasi gurih dan empuknya daging ikan akan bercampur dimana kenikmatan makanan semakin bertambah ketika disajikan dalam keadaan hangat.

Ikan Tai merupakan ikan khas Jepang yang umumnya disajikan dalam momen perayaan karena memiliki arti kebahagiaan.


 


(ELG)