Ketahui Perbedaan Parchment dan Wax Paper, Kertas untuk Memanggang Kue

Raka Lestari    •    Rabu, 20 Sep 2017 11:31 WIB
tips memasak
Ketahui Perbedaan Parchment  dan Wax Paper, Kertas untuk Memanggang Kue
(Foto: Huffington Post)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bagi Anda yang sering membuat kue yang dipanggang di oven, mungkin sudah tidak asing lagi dengan parchment  dan wax paper. Namun bagi pemula atau orang awam, sulit membedakan kegunaan dari keduanya karena sekilas bentuknya mirip.

Kedua kertas ini merupakan kertas yang biasa digunakan untuk melapisi loyang agar adonan tidak menempel dan mudah dikeluarkan ketika sudah matang.  Kedua kertas ini berbeda kegunaannya sehingga Anda harus bisa mengetahui perbedaannya agar tekstur kue sesuai dengan yang Anda inginkan.

Inilah perbedaan antara parchment  dan wax  paper

Parchment Paper

Parchment paper  adalah kertas yang telah melalui proses perkamen, yang berarti kertas itu telah dilapisi dengan asam sulfat, membuat kertas tersebut padat dan tahan minyak. Proses membuat kertas ini membuatnya cukup kuat untuk menahan kondisi basah dan panas, seperti di oven. Kertas ini dapat menahan panas hingga 420 derajat Fahrenheit. Ada beberapa produsen yang menambahkan lapisan silikon agar tidak lengket.

Parchment paper  sangat ideal untuk memanggang kue. Kertas ini juga berguna untuk melapisi Loyang agar kue tidak lengket. Sayangnya harga parchment paper ini cukup mahal. Oleh karena itu, orag-orang lebih sering menggunakan wax paper.


Wax Paper

Wax paper  adalah kertas tissue yang telah dilapisi parafin di kedua sisinya. Lapisan ini membuat wax paper menjadi kertas anti lengket, tahan air, dan tahan minyak yang sangat membantu Anda di dapur.

Kertas ini sangat tepat digunakan untuk membungkus dan menyimpan makanan, dan lapisan anti lengketnya bisa dijadikan lapisan ketika membuat permen atau coklat. Bisa juga digunakan untuk menutupi mangkuk atau piring di dalam microwave untuk mencegah percikan.

Namun berbeda dengan parchment paper, kertas ini tidak disarankan digunakan dalam suhu tinggi karena dapat mudah sekali terbakar. Gunakan kertas ini dalam masakan yang menggunakan suhu renda sampai sedang agar tidak terbakar.

Itulah perbedaan antara parchment  dan wax paper  yang bisa dijadikan panduan bagi Anda ketika ingin membuat kue. Gunakan kertas yang tepat dalam membuat kue agar hasilnya pun maksimal. 




(DEV)