Jailolo Menyapa Dunia

Pelangi Karismakristi    •    Rabu, 26 Jul 2017 14:36 WIB
galeriindonesiakaya
Jailolo Menyapa Dunia
Suasana keindahan alam Gunung Jailolo pada pagi hari di Kecamatan Jailolo, Halmahera Barat, Maluku Utara, Rabu, (3/21/2012). MI/PANCA SYURKANI

Metrotvnews.com, Jakarta: Pernahkah Anda mendengar daerah Jailolo, atau malah sudah bertamasya ke ibu kota Kabupaten Halmahera Barat itu? Ya, Jailolo adalah 'surga' tersembunyi di Maluku Utara yang punya sejuta pesona.

Keindahan alam Jailolo tak meragukan lagi, khususnya pantai yang punya ciri khas dan tak dimiliki daerah lain. Pulau kecil di perairan membuat Jailolo semakin indah, tak heran Jailolo menjadi incaran wisatawan lokal maupun mancanegara.

Tak hanya itu, pemandangan bawah air membuat siapa pun jatuh hati. Pulau Pastufiri dan Pulau Baboa, dua lokasi favorit wisatawan untuk diving.

Jailolo juga menyimpan pesona desa adat, namanya Gamtala. Di sana ada ritual Orom Sasadu, tradisi bukan makan biasa.

Orom Sasadu dianggap memersatukan masyarakat daerah setempat secara turun temurun. Tradisi ini diyakini telah ada sejak ratusan tahun lalu, saat masyarakat Halmahera Barat mengalami kejayaan panen raya.

Dalam tradisi tersebut disajikan lauk pauk dan sayur hasil panen, lalu dimakan dengan nasi yang berbalut daun pisang. Masyarakat setempat menyebutnya nasi kembar.

Nasi kembar sebagai lambang masyarakat yang saling gotong royong, tolong-menolong, beriringan dengan alam, dan diyakini sebagai perekat bersama dalam menyelesaikan masalah.

Sambil menikmati nasi kembar bersama ketua adat Suku Sahu dan tokoh adat lain, Anda juga bisa melihat langsung tarian Legu Salai. Tarian ini biasa ditampilkan sekelompok penari untuk acara khusus, seperti menyambut tamu kesultanan atau ungkapan syukur atas keberhasilan panen raya.

Masih banyak lagi pesona yang ditawarkan oleh Jailolo, dan sayang untuk dilewatkan.

Keindahan Jailolo bisa Anda saksikan di program IDEnesia Metro TV, Kamis 27 Juli 2017, pukul 21.05 WIB. Jangan lupa ikuti kuis IDEnesia dan Galeri Indonesia Kaya dengan mem-follow twitter @IDEnesiaTwit atau @IndonesiaKaya.


(TRK)