Tak Cuma Palembang, Lampung juga Punya Pempek

Nia Deviyana    •    Minggu, 28 Aug 2016 11:27 WIB
kuliner nusantara
Tak Cuma Palembang, Lampung juga Punya Pempek
(Foto: Metrotvnews.com/Nia Deviyana)

Metrotvnews.com, Bandar Lampung: Kuliner Lampung dengan Palembang punya banyak kesamaan, yakni sama-sama berbahan baku ikan. Tak mengherankan mengingat provinsi Lampung yang dikelilingi lautan.

Pempek, misalnya. makanan yang lebih dikenal sebagai kuliner khas daerah Palembang ini ternyata juga dimiliki provinsi Lampung.

Metrotvnews.com berkesempatan mencicipi pempek Lampung yang ada di stand Jelajah Rasa, acara kuliner yang berlangsung di Lapangan Saburai, Bandar Lampung. Acara ini dihelat pada 26-28 Agustus.

Jika diperhatikan, bentuk pempek lampung tak jauh beda dengan pempek lenjer Palembang. Namun, pempek Lampung memiliki cita rasa ikan dan kuah cuko yang lebih kuat.

Efa Ayu, penjaga stand kuliner Asosiasi Perusahaan Jasaboga Indonesia (APJI) menjelaskan, pempek lampung menggunakan ikan tengiri, sementara pempek Palembang memakai ikan belida.

"Kuah cuko pempek lampung ditambah dengan gula aren dan biang cuka sehingga rasanya sangat kuat," kata dia.

Festival Jelajah Rasa merupakan sebuah gagasan untuk memperkenalkan kembali kuliner Lampung yang sudah mulai punah.

Syarif Hidayat, selaku Muli Mekhanai (Putra Lampung) 2016 mengatakan, makanan khas daerahnya sudah terancam punah, melihat jarangnya restoran yang menyediakan masakan khas Lampung sebagai menunya.

"Sekarang jarang banget bisa menemukan makanan khas Lampung di setiap rumah makan. Contohnya seruit. Padahal kalau saya ke Bandung, atau ke daerah lain, masih banyak warung makan yang menonjolkan kuliner khas daerahnya. Saya ingin di Lampung juga seperti itu," ujar Syarif.

Syarif kemudian mendeskripsikan kuliner favoritnya itu.

Seruit merupakan gabungan ikan goreng atau bakar, lalapan, dan sambal. Uniknya, sambal seruit terbuat dari cabai, bawang putih, terasi, dan tempoyak (duren yang di fermentasi).


Aneka lalapan dan sambal untuk menikmati seruit (Foto: Metrotvnews.com/Nia Deviyana)

Di Lampung sendiri, aktivitas makan seruit dinamai dengan nyeruit. Makanan ini sangat nikmat disajikan bersama nasi hangat.


(DEV)