Kopi Berkembang Berkat Kreativitas Anak Muda

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 17 Sep 2016 12:19 WIB
kopi
Kopi Berkembang Berkat Kreativitas Anak Muda
seminar di Festival Kopi Flores (Foto: metrotvnews/yanti)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kopi kini salah satu hidangan yang tengah naik daun. Dibandingkan dengan sekitar satu dekade dulu kopi kini menjadi minuman yang seksi. Mengapa demikian?

"Kopi ini mulai tumbuh karena kreativitas anak muda yang mulai tertarik dengan minuman ini," kataWin Hasnawi pemilik Qertoef Indonesia, penyalur raw material untuk Gayo Specialty Coffee dalam seminar di Festival Kopi Flores di Jakarta.

Ia menuturkan, sejak 2008 anak muda mulai tertarik 'mainan' kopi di mana minuman ini mulai dijadikan bianis dengan mulai membuka kedai kopi, lebih giat memelajari kopi dengan serius, dan menganggap pekerjaan barista sebagai sesuatu yang dianggap keren.

Baca: Cara Cerdas Minum Kopi

"Dulu barista dikesampingkan, kini malah menjadi bangga," katanya.

Selain itu, Win juga berpendapat bahwa sebaiknya pembelian kopi yang berasal dari daerah, seperti Kopi Flores, di negara ini tidak bersifat merata.

"Misalnya, kopi Flores pembelinya hanya itu-itu saja. Mereka membeli dalam jumlah banyak. Kalau suatu saat mereka bangkrut, bakal repot karena hanya mengandalkan itu-itu saja," terangnya.

Baca: Kopi Merapi Semakin Menjanjikan

Oleh karena itu, dengan adanya industri kecil yang berasal dari para anak muda tersebut, setidaknya penjualan kopi daerah akan terus berjalan dan semakin dikenal oleh khalayak.

"Usaha mikro seperti ini seharusnya diprioritaskan, bukan dipandang sebelah mata, supaya kopi ini semakin menyebar di Indonesia," tambahnya.



 


(ELG)