Potensi Wisata Wilayah India Timur Laut Dipromosikan ke 29 Negara

Wahyu Dwi Anggoro    •    Rabu, 06 Dec 2017 19:00 WIB
wisata asia
Potensi Wisata Wilayah India Timur Laut Dipromosikan ke 29 Negara
The 6th International Tourism Mart 2017 for the North East Region di Guwahati, Assam pada Rabu, 6 Desember 2017.(Foto: Wahyu Dwi A)

Guwahati: Pemerintah India melalui kampanye pariwisata Incredible India  terus mempromosikan berbagai wilayah potensial kepada para turis internasional, termasuk juga wilayah India Timur Laut yang memiliki kebudayaaan yang sangat unik.

India Timur Laut diapit oleh China di sebelah utara, Myanmar di sebelah timur, Bangladesh di sebelah barat daya, dan Bhutan di sebelah timur laut. Wilayah dengan luas 262 ribu kilometer persegi ini terhubung dengan daratan utama India melalui koridor Siliguri di Negara Bagian Bengal Barat.

India timur laut terdiri dari delapan negara bagian yakni Assam, Meghalaya, Nagaland, Manipur, Mizoram, Tripura, Arunachal Pradesh dan Sikkim. Wilayah berpenduduk 45 juta orang ini terdiri dari 220 kelompok etnis dan 10 bahasa resmi.

“Semua negara bagian di wilayah India Timur Laut memiliki keindahan alam, bangunan bersejarah dan keragaman budaya. Semua ini merupakan modal yang cukup bagi industri pariwisata lokal,” ujar Sekretaris Gabungan Kementerian Pariwisata India Suman Billa dalam acara the 6th International Tourism Mart 2017 for the North East Region  di Guwahati, Assam pada Rabu, 6 Desember 2017.

“Jika kita bandingkan dengan wilayah India lainnya, wilayah India Timur Laut merupakan wilayah yang masih tak tersentuh, wilayah ini bisa dibilang sebagai wilayah yang paling berpotensi,” lanjutnya.


(Foto: Wahyu Dwi Anggoro)

Tahun lalu, jumlah kunjungan wisatawan domestik ke wilayah India Timur Laut tercatat sebanyak 7,7 juta orang. Negara bagian Assam merupakan negara bagian pilihan wisatawan domestik dengan 5.1 juta orang.

Sementara itu, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke wilayah India Timur Laut tercatat sebanyak 130 ribu orang. Negara bagian Sikkim merupakan destinasi favorit wisatawan mancanegara dengan 66 ribu orang.

29 Negara

Pasar wisata berskala internasional ini dibuka secara meriah kemarin malam. Upacara pembukaan dihadiri oleh Menteri Negara untuk Urusan Pariwisata J. K. Alphons,  Gubernur Assam Jagdish Mukti, serta pejabat pemerintah lainnya.

Acara tahun ini diikuti oleh delegasi internasional dari 29 negara yakni Amerika Serikat Australia, Belanda, Bhutan, Brunei, China, Fiji, Filipina, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Kamboja, Kenya, Korea Selatan, Laos, Malaysia, Myanmar, Nepal, Portugal, Singapura, Siprus, Spanyol, Tanzania, Thailand, Turki, dan Vietnam.

Gelaran kali ini membahas peningkatan konektivitas antara wilayah India Timur Laut dengan Asosiasi Negara-Negara Asia Tenggara (ASEAN) dan Inisiatif Teluk Bengal untuk Kerja Sama Ekonomi dan Teknis Multi-Sektoral (BIMSTEC).

Acara Kementerian Pariwisata India ini telah diadakan sejak tahun 2012. Acara ini secara bergantian dihelat oleh delapan negara bagian di wilayah India Timur Laut.





(DEV)