Menikmati Kuliner Khas Yogya di Rumah Joglo

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 25 Nov 2016 15:32 WIB
kuliner nusantara
Menikmati Kuliner Khas Yogya di Rumah Joglo
Cafe Cangkir Enam Yogyakarta (Foto:Metrotvnews.com/Sri Yanti Nainggolan)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Salah satu hal yang tak boleh dilewatkan saat berwisata adalah mencicipi kuliner. Seperti halnya jika Anda pelesir ke Yogyakarta. Di Kota Pelajar itu kaya ragam kuliner.

Salah satunya, Cafe Cangkir Enam Yogyakarta. Tak cuma dimanjakan masakan lezat khas Yogya, Anda bisa menikmati suasana rumah adat Joglo.

Restoran yang berlokasi di Jalan Bintaran Tengah Nomor 16 Mergangsan, itu menghadirkan suasana khas Yogyakarta. Suasana yang asri makin terasa teduh dengan rindangnya pepohonan di sekitar restoran.

Ragam kuliner yang dijajakan di sana, di antaranya nasi goreng Jawa, mie kuah/goreng Jawa, nasi gudeg Joglo, nasi putih Kedaton, dan nasi kampung Cangkir Enam. Semua menu tersebut merupakan favorit pengunjung.

Selain itu, ada juga wedang bajigur yang merupakan minuman hangat dari campuran santan dan kopi susu, dengan tambahan potongan roti kecil, kolang-kaling, dan daging kelapa berbentuk dadu kecil. Wedang ini paling enak diseruput selagi hangat. Rasanya tidak terlalu manis, meski menggunakan gula pasir.


Cafe Cangkir Enam Yogyakarta (Foto:Metrotvnews.com/Sri Yanti Nainggolan)

Mengenai makanan penutup, puding cokelat merupakan favorit para pengunjung. Bagi Anda yang senang dengan camilan ringan, restoran yang berdiri sejak 2013 ini menyediakan kentang goreng, keripik singkong, atau pastel tutup yang berbahan utama kentang rebus. Sebagai teman mengemil, tersedia berbagai menu kopi dan mocktail.

Cafe Cangkir Enam juga menyediakan paket khusus dengan gaya prasmanan bagi konsumen yang datang bersama rombongan. Menu yang disajikan yaitu sayur lodeh, sayur pepaya, pepes tahu, bakwan goreng, dan gudeg.

"Untuk paket rombongan, pemesanan dilakukan tiga hari sebelumnya," kata pramusaji Sayyid, saat ditemui Metrotvnews.com, Rabu, 25 November 2016.

Restoran yang terletak di pusat kota ini rata-rata dikunjungi 100 orang per hari dan mengalami lonjakan hingga tiga kali lipat pada akhir pekan.


(ROS)