5 Perbedaan Es Krim dengan Gelato

Nia Deviyana    •    Selasa, 04 Jul 2017 18:14 WIB
kuliner
5 Perbedaan Es Krim dengan Gelato
(Foto: Lapiccolafontana)

Metrotvnews.com, Jakarta: Masih banyak yang belum tahu jika gelato berbeda dengan es krim. Meski memiliki tampilan yang mirip, gelato dan es krim memiliki beberapa perbedaan, misalnya dari segi tekstur dan bahan bakunya.

Penasaran? Berikut ulasan lengkap yang memuat perbedaan keduanya.

1. Bahan baku

Menurut Morgan Morano, penulis The Art of Making Gelato, perbedaan antara es krim dan gelato terdapat pada bahan baku dan takarannya. Dasar bahan baku keduanya ialah campuran krim, susu, dan gula. Es krim mengandung krim dan kuning yang kebih banyak dibanding gelato.

2. Kadar lemak

Menurut FDA, es krim harus mengandung setidaknya 10 persen lemak, dan kebanyakan es krim mengandung antara 14 dan 26 persen. Sementara, gelato memiliki komposisi yang lebih sedikit, yakni 4 sampai 9 persen.

3. Tekstur

Proses pembuatan es krim dan gelato disebut churning. Namun, dua makanan pencuci mulut ini dibuat dengan kecepatan dan intensitas yang berbeda, yang akhirnya berpengaruh terhadap tekstur yang dihasilkan. Tekstur pada es krim cenderung lebih halus, sementara gelato lebih padat dan beraroma.

4. Disajikan pada suhu yang berbeda

Karena teksturnya yang padat, gelato disajikan pada suhu sekitar 7-12 derajat Fahrenheit, 10-15 persen lebih hangat daripada es krim.

5. Peralatan

Scoop dibutuhkan jika ingin membuat es krim kerucut, meski Anda bisa juga menggunakan sendok. Namun, scoop sangat dibutuhkan untuk menyajikan gelato. (Travel and Leisure)


(DEV)