4 Cara Masak Ini Hindari Kerusakan Makanan

Torie Natalova    •    Jumat, 01 Sep 2017 11:32 WIB
tips memasak
4 Cara Masak Ini Hindari Kerusakan Makanan
Beberapa cara memasak bisa membahayakan protein yang membawa dampak buruk untuk kesehatan Anda. Ketahui metode memasak yang benar berikut ini. (Foto: Jeff Shledon/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bagaimana cara Anda memasak sangat penting terhadap apa yang Anda makan. Ketika menggoreng atau memanggang daging, karsinogen memproduksi asam amino, gula, dan kreatin yang bereaksi dengan temperatur tinggi. 

Beberapa cara memasak bisa membahayakan protein yang membawa dampak buruk untuk kesehatan Anda. Metode memasak Anda juga bisa mengoksidasi lemak. Seperti diketahui, lemak tak jenuh ganda sangat reaktif terhadap panas dan bahan kimia lain. 

Saat dipanaskan, minyak ini menghasilkan senyawa yang disebut dicarbonyls yang menyebabkan mutasi sel dan dapat menyebabkan kanker. Metode memasak berikut ini sebaiknya Anda ketahui untuk menghindari kerusakan makanan yang Anda makan.



1. Memanggang
Salah satu cara terbaik untuk memanggang adalah tidak membiarkan daging atau bahan lain hangus. Karena, bagian luar daging yang hangus bisa membentuk racun yang berbahaya untuk tubuh. Panggang hingga daging nyaris kecoklatan dan bagian dalam setengah matang.



2. Barbekyu
Memanggang di atas api yang terbuka bisa menyebabkan beberapa masalah serius. Ketika lemak terkena bara api, mereka membentuk HCA dan PAH yang memicu kanker serta peradangan. Selain itu, sebagian besar saus barbekyu mengandung gula dan MSG.

(Baca juga: Cara Makan Daging Merah yang Benar Tanpa Khawatir Risiko Kanker)



3. Membakar daging
Membakar daging sampai hangus atau hitam bisa mengoksidasi molekul lemak. Lemak yang teroksidasi bisa mengganggu sinyal hormonal yang bisa membuat Ada kurang sensitif terhadap insulin sehingga bisa memicu kegemukan. 

Metode ini juga dapat mengubah dan merusak protein yang membuat mereka mengiritasi sistem kekebalan tubuh Anda dan sulit untuk dicerna. Metode memasak ini menghasilkan zat mutagenik dan karsinogen pemicu kanker.

Cara memasak ini juga menghasilkan glutamat, jumlah besar dari neurotransmitter yang bisa mempengaruhi sel-sel otak hingga kematian. Karenanya, hindari makan daging yang menghitam atau gosong.



4. Deep fried
Memasak dengan menggoreng dalam minyak banyak adalah cara masak terburuk karena membuat lemak teroksidasi dan merusak atau mengubah protein. Panasnya temperatur yang dipakai selama menggoreng menghasilkan banyak komponen racun yang bisa meningkatkan risiko kanker.











(TIN)