Sambut Kemerdekaan, Asia Restaurant Sajikan Makanan Zaman Kolonial Belanda

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 09 Aug 2017 19:46 WIB
kuliner
Sambut Kemerdekaan, Asia Restaurant Sajikan Makanan Zaman Kolonial Belanda
(Foto: Metrotvnews.com/Sri Yanti Nainggolan)

Metrotvnews.com, Jakarta: Dalam rangka menyambut hari ulang tahun ke-72 Republik Indonesia, Asia Restaurant yang terletak di The Ritz-Carlton Jakarta Mega Kuningan mempersembahkan promo kuliner Indonesia bertajuk Indonesian Colonial Cuisine.

"Konsep kali ini adalah kembali ke (makanan) Indonesia dimana biasanya kami menyajikan makanan Barat. Kami menyajikan makanan sederhana yang bisa ditemui di banyak tempat namun dengan bentuk yang lebih baik dan kaya rasa," ujar Rizky Irfansyah selaku director of Restaurants di The Ritz-Carlton Jakarta dalam temu media, Rabu (9/8/2017).

Ia menambahkan, perbedaan dengan tempat lain tersebut adalah proses pemasakan yang dimodifikasi dengan teknik lebih modern oleh restoran yang dipimpin oleh Executive Chef Rudolph Blattler.

Terdapat delapan hidangan unik yang menilas balik ke zaman penjajahan Belanda di Batavia yang kebanyakan adalah makanan khas di tanah Jawa. Misalnya, terdapat Nasi Krawu, hidangan nasi dibungkus daun pisang dengan lauk sederhana yaitu irisan empal (daging sapi), semur sapi, serundeng (kelapa parut), teri kering, dan sambal terasi.

Kemudian, terdapat Bebek Ingkung yang merupakan makanan khas Madura, dimasak bersama beberapa bumbu tradisional gurih seperti santan, jahe dan asam jawa.


(Foto: Metrotvnews.com/Sri Yanti Nainggolan)

Bagi pecinta umbi, Anda bisa merasakan nikmatnya Seupan yang merupakan makanan berat dengan komposisi utama talas, ubi, dan singkong yang bisa diberi beberapa bumbu pemanis seperti serundeng manis atau pedas, santan, dan udang ebi.


(Foto: Metrotvnews.com/Sri Yanti Nainggolan)

Ada juga Bubur Ase Betawi, makanan asal Ibukota, yang berisikan potongan daging sapi dan kentang dengan tambahan potongan tahu, acar, dan kerupuk. Bagi pecinta rasa manis dan gurih, makanan ini akan cocok di lidah Anda.

Asia Restaurant juga menyajikan cemilan sebagai menu andalan, yaitu Krupuk Gebyur yang dilumuri dengan sambal rujak Juhi dan gula aren cair. Rasa segar akan langsung Anda rasakan begitu mengicip makanan pelengkap tersebut.

Bagi Anda yang tak sabar ingin menikmati makanan jaman dulu, datang saja ke Asia Restaurant pada tanggal 9-19 Agustus 2017 dan siapkan uang sebesar Rp 318 ribu ++ per orang untuk memuaskan rasa penasaran Anda.

 


(DEV)