Definisi Kuliner Warisan Nusantara di Mata Pakar Kuliner Sisca Soewitomo

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 07 Feb 2018 13:16 WIB
kuliner
Definisi Kuliner Warisan Nusantara di Mata Pakar Kuliner Sisca Soewitomo
Pakar kuliner Sisca berpendapat bahwa kuliner nusantara tak akan punah dengan cepat karena selalu disajikan oleh para perempuan Indonesia. (Foto: Hanny Naibaho/Unsplash.com)

Jakarta: Dunia kuliner nusantara tentunya sudah tak asing dengan nama Sisca Soewitomo yang kini masih aktif memperkenalkan masakan Indonesia pada dunia luar.

Pembawa acara televisi Aroma tersebut mengungkapkan bahwa tiga bulan lalu mengikuti festival kuliner di Amerika Serikat, tepatnya di Albany, Amerika Serikat.

"Tugas saya adalah menduniakan masakan sajian masakan Indonesia," tegasnya dalam konferensi pers Bango: Penerus Warisan Kuliner, Selasa 6 Februari 2018 lalu.

Menurutnya, kuliner Indonesia adalah warisan nusantara dengan ciri khas daun-daunan sebagai rempah, seperti daun jeruk, daun salam, serai, dan rempah-rempah lainnya.


(Sisca Soewitomo dalam acara konferensi pers Bango: Penerus Warisan Kuliner, Selasa 6 Februari 2018. Foto: Dok. Medcom.id/Sri Yanti Nainggolan)

(Baca juga: Warisan dari Timor Tengah Selatan)

Selain bumbu, Sisca juga menjelaskan bahwa masakan nusantara harus memiliki tiga hal utama yaitu bahan masakan yang mudah didapat, mudah diolah, dan memiliki penampilan yang menggoda selera.

"Jadi kalau orang lihat, kan jadi pengen cicipin."

Terkait warisan, Sisca juga berpendapat bahwa kuliner nusantara tak akan punah dengan cepat karena selalu disajikan oleh para perempuan Indonesia.

"Para sahabatku, wanita Indonesia selalu menyajikan masakan Indonesia. Contoh sederhana adalah menyiapkan sarapan sederhana untuk anak-anak mereka, yaitu telor ceplok yang diberi kecap," terangnya. Seperti diketahui, kecap adalah salah satu bumbu paling umum dalam membuat masakan khas Indonesia.








(TIN)