Cara Tepat Menggunakan Coffee Filter

Raka Lestari    •    Rabu, 31 Jan 2018 16:07 WIB
kopitips & trik
Cara Tepat Menggunakan Coffee Filter
Bentuk kertas penyaring ampas kopi mungkin bisa terkadang menyebabkan sedikit masalah ketika Anda ingin menggunakannya. Tapi sebenarnya caranya tidak sesulit itu. (Foto: Mike Marquez/Unsplash.com)

Jakarta: Menggunakan alat pembuat kopi bukanlah sesuatu yang sangat sulit.  Anda hanya perlu mengukur bubuk kopi Anda dan meletakkannya di atas kertas penyaring ampas kopi, menambahkan sedikit air, dan membiarkan alat pembuat kopi Anda bekerja dengan sendirinya.

Namun ada satu hal yang perlu diperhatikan oleh para pecinta kopi yaitu dengan memperhatikan kertas penyaring ampas kopi atau coffee filter.

Bentuk kertas penyaring ampas kopi mungkin bisa terkadang menyebabkan sedikit masalah ketika Anda ingin menggunakannya. Begitu Anda membuka saringan berbentuk kerucut dan memasukkannya ke dalam kotak saringan, terkadang ia menutup dengan sendirinya sehingga Anda harus terus-menerus memegangnya agar coffee filter tersebut tidak bergeser-geser.


(Bentuk kertas penyaring ampas kopi mungkin bisa terkadang menyebabkan sedikit masalah ketika Anda ingin menggunakannya. Tapi sebenarnya caranya tidak sesulit itu. Foto: Karl Fredrickson/Unsplash.com)

(Baca juga: Cara Membuat Kopi yang Enak)

Namun sebenarnya ada cara mudah yang bisa Anda lakukan agar kertas penyaring ampas kopi Anda tidak bergeser-geser. Dikutip dari Huffingtonpost.com, sebenarnya pada kertas penyaring ampas kopi tersebut memiliki tepi yang berkerut di bagian bawah pada satu sisi saringan. Fungsinya adalah untuk menjaga agar si kertas tersebut tidak bergerak-gerak sehingga tidak perlu Anda pegangi.

Oleh karena itu, lain kali jika Anda ingin menggunakan coffee filter Anda sebaiknya lipat kertas penyaring pada kedua sisi jahitannya. Langkah yang sering dilewatkan ini akan meratakan bagian bawah dan memperkuat sisinya, sehingga tidak akan bergeser saat Anda membuat kopi dengan menggunakan coffee maker.










(TIN)