Cara Membuat Roti Croissant ala Kafe

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 18 Jul 2018 13:09 WIB
tips memasak
Cara Membuat Roti Croissant ala Kafe
(Foto: MLD Spot)

Jakarta: Salah satu kuliner dari Prancis yang paling terkenal adalah croissant, roti renyah dengan bentuk bulan sabit. Roti ini tergolong mewah karena biasanya menjadi menu sarapan di hotel atau cafe.

Meski demikian, bukan berarti Anda tak bisa membuatnya sendiri. Chef Dipa, juru masak yang tahun lalu menyelesaikan sekolah masak di kota Adge, Prancis, mengungkapkan bahwa ada beberapa langkah dalam membuat croissant. 

Bahan-bahan yang perlu Anda persiapkan pun cukup mudah, antara lain 250 ml susu dingin, 125 ml air panas, 1 sdm ragi, 50 gram gula, 500 gram tepung terigu, 1 sdt garam, dan 200 gram mentega yang dibiarkan dalam suhu kamar selama 20-30 menit.

Membuat adonan

Tuangkan susu dan air panas ke dalam mangkuk besar, kemudian masukan ragi dan gula. Biarkan selama 5 menit sampai berbusa.

Langkah selanjutnya, tambahkan tepung sedikit demi sedikit sembari Anda menguleni adonan. Tambahkan garam, uleni kembali adonan. 

Siapkan mangkuk yang sudah diolesi mentega cair atau minyak, letakan adonan di dalamnya dan simpan di lemari es selama 1 jam.

Sembari menunggu adonan yang diletakan di kulkas, Anda bisa memarut mentega dengan parutan keju yang memiliki lubang parut besar. Setelahnya, sebarkan mentega di atas plastik, lipat plastik, dan dinginkan dalam kulkas selama 30 menit. 

Membentuk croissant

"Pertama, ambil adonan (puff pastry) yang sudah didinginkan, ratakan, taruh mentega di tengahnya, kemudian lipat adonan sampai mentega tertutupi, dan ratakan kembali menjadi adonan panjang," jelas Chef Dipa saat ditemui medcom.id di Gedung Metro TV, Jakarta, Rabu, 18 Juli 2018. 


(Foto: Pinterest/Finecooking)

Ulangi proses ini sekali lagi. Setelah itu, potong adonan menjadi bentuk segitiga, oleskan egg wash pada adonan dengan tipis menggunakan kuas. Egg wash adalah kuning telur yang diberi sedikit air agar roti tampak mengilap dan berwarna cokelat terang.


(Foto: Pinterest/Ashlee Marie)
 

"Egg wash sebaiknya menggunakan kuning telur karena lemak pada bagian itu yang memberi kesan mengilap," tambahnya. 

Beri potongan kecil di dasar segitiga, regangkan tiap sudutnya, lalu gulung adonan. 


(Foto: Pinterest/Ashlee Marie)
Panggang dalam oven selama sekitar 10 menit dengan suhu 180 derajat Celcius. Tunggu beberapa saat sebelum dinikmati. 

Pria yang bekerja di Restoran L'Avenue Jakarta tersebut mengungkapkan bahwa bentuk croissant yang baik adalah renyah di luar dan lembut di dalam dengan rasa sedikit manis.

"Biasanya, kesalahan paling umum terjadi saat memanggang, terlalu panas sehingga roti jadi kering sekali," pungkas pria dengan nama lengkap Hekmatiar Dipa Morteza Sumaatmadja ini. 


(DEV)